Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Derbi Manchester: Timpang Tembakan dan Peluang

By Sabtu, 24 Oktober 2015 | 09:04 WIB
Statistik kedua tim sebelum Derbi Manchester.
Mingguan Bola
Statistik kedua tim sebelum Derbi Manchester.

Pelatih Manchester City, Manuel Pellegrini, sempat menyatakan permainan tim asuhannya dan Manchester United punya sejumlah kemiripan. Melihat statistik kedua tim sejauh ini hingga pekan kesembilan Premier League, perkataan Pellegrini itu ada benarnya.

United dan City mempunyai banyak kesamaan dalam sejumlah statistik, antara lain kedua tim sama-sama jago dalam penguasaan bola. Kebetulan The Red Devils dan The Citizens merupakan tim terbaik kedua serta ketiga di bawah Arsenal dalam hal penguasaan bola di Premier League sejauh ini.

Kemampuan memegang bola yang tinggi itu didasari akurasi operan kedua tim, yang juga sama-sama tinggi. United dan City juga sama-sama mempunyai sejumlah pemain yang jago dalam menggiring bola dan melakukan dribel melewati lawan.

Di sisi defensif, derbi nanti akan membuat United serta City seperti sedang menatap cermin. Mereka sama-sama jago dalam membatasi lawan melakukan tembakan. Juga cukup setanding dalam hal kemampuan mengeksekusi tekel United dan City mempunyai banyak kesamaan dalam sejumlah statistik, antara lain kedua tim sama-sama jago dalam penguasaan bola.

Kebetulan The Red Devils dan The Citizens merupakan tim terbaik kedua serta ketiga di bawah Arsenal dalam hal penguasaan bola di Premier League sejauh ini. Kemampuan memegang bola yang tinggi itu didasari akurasi operan kedua tim, yang juga samasama tinggi. United dan City juga sama-sama mempunyai sejumlah pemain yang jago dalam menggiring bola dan melakukan dribel melewati lawan.

Di sisi defensif, derbi nanti akan membuat United serta City seperti sedang menatap cermin. Mereka sama-sama jago dalam membatasi lawan melakukan tembakan. Juga cukup setanding  dalam hal kemampuan mengeksekusi tekel dan melakukan cegatan terhadap aliran permainan lawan.

Akan tetapi, kalau bicara kemampuan ofensif, baru terlihat ada perbedaan yang timpang di antara kedua kubu. Dalam hal itu, kemampuan United hanya sekitar separuhnya City!

Kemampuan membuat peluang gol misalnya, United total sudah mengoleksi 73 kans atau rata-rata 8,1 per pertandingan. Akan tetapi, City secara luar biasa sudah membukukan 139 peluang atau rata-rata 15,4 per laga.

Setan Merah melepaskan sekitar 11 tembakan per pertandingan. Namun, City melakukan hampir dua kali lipatnya. Manchester Biru adalah tim yang paling banyak melakukan tembakan di Premier League sejauh ini.

Penembak paling agresif City, yaitu Sergio Aguero, memang absen karena cedera. Namun, kondisi itu terlihat tidak berpengaruh ketika City menghajar Bournemouth 5-1 pada akhir pekan kemarin.

Saat itu tanpa Aguero, yang rata-rata menembak 4,3 kali per pertandingan, City tetap bisa melepaskan 16 tembakan dengan 11 di antaranya tepat mengarah ke mulut gawang lawan.

Tidak ada masalah berarti karena City masih mempunyai jagoanjagoan menembak lain dalam diri Yaya Toure (3,3 tembakan per partai), Kevin De Bruyne (3), Wilfried Bony (2,3), serta Raheem Sterling (2,3).

Di kubu United, sosok yang menonjol dalam kemampuan menembak ialah Memphis Depay (3,1), Wayne Rooney (2,3), Juan Mata (2,2), dan Anthony Martial (1,6). Jelas sekali ada perbedaan di antara kedua tim dalam hal tembakan.

Prediksi Jalannya Derbi

Dari duel statistik tersebut, mungkin bisa ditebak bagaimana jalannya derbi Manchester nanti. Pertandingan akan sangat rapat dengan kedua tim sama-sama berpeluang memegang penguasaan bola.

Wilayah permainan barangkali akan berpusat di tengah. Masing-masing berusaha secepat mungkin merebut bola dari lawan dan selama mungkin mempertahankannya. City boleh jadi bakal lebih banyak melepaskan tembakan, bahkan dalam posisi atau momen yang sulit.

Dikatakan sulit karena kemampuan bertahan United akan berusaha membatasi kesempatan City melepaskan tembakan ke gawang mereka. Jangan lupa, lebih banyak menembak atau memiliki lebih mempertahankannya.

City boleh jadi bakal lebih banyak melepaskan tembakan, bahkan dalam posisi atau momen yang sulit. Dikatakan sulit karena kemampuan bertahan United akan berusaha membatasi kesempatan City melepaskan tembakan ke gawang mereka.

Jangan lupa, lebih banyak menembak atau memiliki lebih banyak peluang gol bukan lantas menjadi rumus bahwa sebuah tim akan menang. United tetap mempunyai kans untuk menang kendati statistik memperlihatkan mereka sedikit berada di bawah angin.

Penulis: Dwi Widijatmiko


Editor :
Sumber : Tabloid BOLA 2.637


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X