Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Silvio Berlusconi Tak Mendikte Pelatih

By Caesar Sardi - Kamis, 8 Oktober 2015 | 16:00 WIB
Silvio Berlusconi, bukan diktator.
Controluce/AFP
Silvio Berlusconi, bukan diktator.

Presiden AC Milan, Silvio Berlusconi, menegaskan bahwa dia tak terlibat dalam urusan taktis di lapangan, termasuk menginstruksikan pelatih untuk memainkan formasi tertentu.

Walau begitu, bos besar Milan ini terkenal suka memberikan saran taktis.

Dalam biografi terbarunya, My Way, yang ditulis secara berseri di La Gazzetta dello Sport, mantan Perdana Menteri Italia itu menjelaskan gayanya tersebut.

“Apakah saya mendikte formasi? Tidak. Apa saya menyarankan sesuatu? Tentu, banyak sekali,” ungkap Berlusconi.

“Saya selalu berbicara dengan pelatih. Kami membahas formasi dan setiap pemain sebelum tiap pertandingan. Kadang-kadang saya tidak setuju dengan pelatih, dan dalam kasus-kasus tersebut pelatih selalu menang.”

Berlusconi mengaku tak pernah menyalahgunakan posisi sebagai presiden dan pemilik klub. Terlebih ia menyebut pelatih adalah sosok yang bertanggung jawab atas hasil tim.

“Dengan Arrigo Sacchi, misalnya, kami merancang formula untuk Milan yang akan selalu mengontrol permainan,” ujar pria kelahiran 29 September 1936 itu.

“Kami datang dengan tim yang selalu menikmati permainan, yang akan menghormati lawan mereka dan imbasnya mereka akan mendapat aplaus dari fan. Saya pikir konsep yang sekarang menjadi elemen kunci dari DNA Milan,” kata Berlusconi.

Legenda mengatakan bahwa Berlusconi tumbuh sebagai penggemar Internazionale, tapi Presiden Diavolo itu mengisahkan cerita yang berbeda. Ia mengungkapkan membeli Milan karena ayahnya.

“Makna sebenarnya dari Milan bagi saya adalah bahwa hal itu mengingatkan masa kecil dan ayah. Kami berbicara tentang Milan hampir setiap malam ketika dia pulang kerja.

Penulis: Josep Lopiwudhi


Editor :
Sumber : Harian BOLA, Kamis 8 Oktober 2015


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X