Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Palestina Pertanyakan Naturalisasi Timor Leste

By Firzie A. Idris - Senin, 19 Oktober 2015 | 19:29 WIB
Gol pemain Palestina ke gawang Timor Leste
Valentino De Sousa/AFP
Gol pemain Palestina ke gawang Timor Leste

Federasi Sepak Bola Palestina akan mengajukan surat protes kepada FIFA setelah mereka bertanding melawan Timor Leste dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia.

Dalam laga yang berlangsung di Dili, Timor Leste pada 8 Oktober 2015 lalu itu Palestina menahan imbang tuan rumah dengan skor 1-1. Namun ada hal yang membuat Palestina meradang, yakni banyak pemain naturalisasi di dalam skuat Timor Leste.

Setidaknya ada tujuh pemain naturalisasi asal Brasil yang membela timnas Timor Leste. Hal tersebut dianggap Palestina sebagai pelanggaran regulasi mengenai kependudukan yang dikeluarkan oleh FIFA.

Menurut aturan FIFA, seorang pemain bisa membela suatu tim nasional jika lahir di negara tersebut atau setidaknya sudah lima tahun bermukim di negara yang ingin dibelanya. Selain itu, mereka juga harus mempunyai darah keturunan dari orang tua atau pun kakek-nenek mereka.

Timor Leste memang tak memiliki liga profesional dan hanya mengandalkan pemain-pemain naturalisasi berdarsakan kesamaan bahasa Portugis. Kini, setidaknya ada sekitar 20 pemain muda asal Brasil yang punya paspor Timor Leste.

Hingga saat ini, belum ada keputusan dari FIFA terkait dengan aduan dari Palestina tersebut.


Editor : Gerry Putra
Sumber : New York Times


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X