Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Derbi Matahari di Papan Atas Serie A

By Beri Bagja - Selasa, 27 Oktober 2015 | 06:15 WIB
Pemain Roma merayakan kemenangan di kandang Fiorentina.
Luciano Rossi/AS Roma via Getty Images
Pemain Roma merayakan kemenangan di kandang Fiorentina.

AS Roma dan Napoli ialah pemilik rapor performa terbaik di Serie A sebulan terakhir. Menjadi wajar ketika mereka pula yang menguasai peringkat dua teratas di klasemen.

Roma dan Napoli punya catatan rivalitas dalam laga bertajuk derby del sole atau “derbi matahari” saban bertemu di pertandingan. Penyebutan itu muncul karena Roma dan Napoli dianggap sebagai dua tim paling bersinar di wilayah Italia Tengah-Selatan yang mampu menandingi kekuatan raksasa Italia Utara: Juventus, AC Milan, dan Inter Milan.

Secara geografis, kawasan Italia Tengah-Selatan juga lebih banyak disinari matahari dibandingkan wilayah Utara yang bersuhu lebih dingin karena efek dataran tinggi. Kini, Roma dan Napoli kompak melampaui para raksasa asal Utara itu di klasemen.

Keduanya secara berurutan menguasai peringkat dua teratas. Roma berada di puncak dengan koleksi 20 poin. Napoli menyusul dengan selisih dua angka di bawahnya. Perolehan 18 poin milik Napoli itu setara dengan Fiorentina, Inter, dan Lazio. Namun, Gonzalo Higuain cs. unggul selisih gol.

Kemunculan Roma dan Napoli secara kilat di papan atas terjadi berkat kesuksesan mereka merangkai empat kemenangan beruntun di Serie A. Kondisi tersebut jelas kemajuan pesat mengingat start kedua tim musim ini tidak begitu bagus.

Roma menggenggam empat tripoin beruntun di liga disertai produktivitas keren. Sebelum menekuk Fiorentina 2-1 pekan ini, mereka mengalahkan Empoli 3-1, Palermo 4-2, dan Carpi 5-1.

Awak Roma layak berbangga karena hasil laga pekan ke-9 membuat mereka menjadi pemuncak tunggal di klasemen untuk pertama kali sejak 10 November 2013 atau di musim perdana bersama Garcia.

Dalam pertandingan lain, Napoli menang 1-0 di kandang Chievo via gol tunggal Gonzalo Higuain. Kemenangan itu menyusul kesuksesan mereka menekuk Fiorentina 2-1, Milan 4-0, dan Juventus 2-1.

Napoli, sedang melakoni performa oke pula. (Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images)


Editor : Beri Bagja
Sumber : La Gazzetta dello Sport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X