Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Patung Perjuangan Hiasi Stadion Joko Samudro

By Firzie A. Idris - Minggu, 27 September 2015 | 20:15 WIB
Patung perjuangan Bukit Lengis berdiri di Stadion Joko Samudro.
Sahlul Fahmi/BOLA/JUARA.net
Patung perjuangan Bukit Lengis berdiri di Stadion Joko Samudro.

Banyak terjadi pro maupun kontra pada awal pembangunan Stadion Gelora Joko Samudro. Salah satunya adalah kekhawatiran masyarakat mengenai penggusuran Monumen Perjuangan Masyarakat Gresik yang terletak di Bukit Lengis, Desa Segoromadu, Kecamatan Kebomas, Gresik.

Monumen berupa figur pejuang yang menancapkan bendera Merah Putih setinggi 7 meter itu adalah sebagai penanda betapa gigihnya semangat masyarakat Gresik berjuang menghalau serangan sekutu yang ingin kembali menguasai Kota Gresik pada 8 Desember 1945.

Namun, setelah proses pembangunan stadion tersebut hampir selesai, ternyata patung yang dikhawatirkan dihilangkan dari sejarah tersebut justru terpajang di depan stadion. Tampilannya yang heroik membuat kesan stadion kebanggaan masyarakat Gresik itu terlihat lebih mentereng.

"Kami tidak akan pernah melupakan sejarah. Tanpa para pejuang, kita ini bukanlah apa-apa. Monumen itu kami pasang di depan Stadion Joko Samudro untuk menghargai jasa serta mengenang semangat perjuangan," kata Sambari Halim Radianto, Bupati Gresik.


Editor : Sahlul Fahmi
Sumber : juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X