Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Piala Dunia U-17 Dimulai Malam Ini

By Jalu Wisnu Wirajati - Sabtu, 17 Oktober 2015 | 08:05 WIB
Daftar peserta Piala Dunia U-17 2015.
Dok. Conmebol
Daftar peserta Piala Dunia U-17 2015.

Piala Dunia U-17 2015 akan dibuka Sabtu (17/10/2015) malam atau Minggu dini hari WIB. Cile menjadi tuan rumah kejuaraan dua tahunan ini yang akan berlangsung hingga 8 November 2015. 

Sebanyak 24 negara akan berjuang untuk menjadi yang terbaik, termasuk juara bertahan Nigeria. Tim asal Afrika itu merupakan negara tersukses di Piala Dunia U-17 dengan torehan 4 gelar juara, disusul Brasil (3). 

Wakil Afrika memang menjadi tim paling menonjol dalam kejuaraan level junior ini. Dari 15 penyelenggaraan sebelumnya, 6 kali trofi Piala Dunia U-17 diboyong ke Afrika. Empat kali oleh Nigeria dan dua kali oleh Ghana. 

Amerika Serikat dan Brasil menjadi tim tersering tampil di Piala Dunia U-17. AS hanya absen sekali pada 2013, sedangkan Brasil tampil 15 kali dan sekali absen pada penyelenggaraan 1883. 

Meski gaungnya kalah dari Piala Dunia level senior dan Piala Dunia U-20, sejumlah bintang memulai karier internasionalnya dari Piala Dunia U-17. Dua di antaranya adalah Cesc Fabregas dan Toni Kroos yang menjadi juara di level senior bersama Spanyol dan Jerman. 

Fabregas dan Kroos mengikuti jejak pemain Prancis, Florenty Sinama Pongolle pada 2011, sebagai pemain yang memborong gelar pencetak gol terbanyak sekaligus pemain terbaik. Dua tahun lalu, gelar pemain terbaik menjadi milik striker Manchester City asal Nigeria, Kelechi Itheanacho. 


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : FIFA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X