Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ukir Rekor, Nilai Jual James Rodriguez Naik 128%!

By Firzie A. Idris - Selasa, 8 September 2015 | 16:15 WIB
James Rodriguez, digadang-gadang akan menjadi ikon Real Madrid selanjutnya menggantikan Cristiano Ronaldo
Getty Images
James Rodriguez, digadang-gadang akan menjadi ikon Real Madrid selanjutnya menggantikan Cristiano Ronaldo

Hanya dalam waktu satu tahun, nilai jual bintang Real Madrid, James Rodriguez meningkat hingga 128%. Hal ini diungkapkan oleh situs Jerman, Transfermarkt, yang memiliki spesialisasi dalam mengumpulkan statistik dan penilaian seorang pesepakbola.

Seperti dilansir AS, sosok bernomor punggung 10 ini sempat dihargai pers Inggris dalam pada September 2014 dengan mahar 35 juta euro.

Namun, hanya berselang satu tahun, Transfermarkt menempatkan nilai James di angka 80 juta euro (1,2 triliun rupiah), sekaligus membenarkan banderol yang ditebus El Real atas dirinya dari Monaco. Kenaikan nilai pasar sebesar 45 juta euro merupakan peningkatan tertajam dari pesepakbola manapun di seluruh dunia.

Los Blancos sendiri sedang mempersiapkan ikon penerus dari Cristiano Ronaldo. Gareth Bale (26) masih dalam proses pengembangan sebagai pengganti CR7, akan tetapi banyak suara di tubuh Madrid mengatakan bahwa pemenang Balon d'Or masa depan dalam skuat Si Putih adalah James, yang notabene dua tahun lebih muda dari Bale.

"Dia memiliki ketenaran seperti Carlos Valderrama dan karisma seorang Iker Casillas", ujar para pendukung James di Ibagué, Kolombia. Jorge Valdano bahkan pernah mengatakan bahwa ia "tidak akan terkejut  jika James memenangkan Balon d'Or."

Pada 2013, Monaco menggaet James dari Porto dengan nominal 45 juta euro. Dia berhasil membukukan 10 gol dan 14 assist di Liga Prancis. Pada tahun pertamanya di Madrid pun, James mampu tampil solid mendukung trio BBC. Kontribusinya semakin terasa nyata dengan torehan 17 gol dan 18 assist.

Valderrama pernah menuturkan kalau James setingkat dengan maskot Barcelona, Lionel Messi. Kalimat senada diutarakan legenda hidup Argentina, Diego Maradona: "James berbakat, indah, dan elegan."

Pujian setinggi langit dari para aktor hebat lapangan hijau itu sejalan dengan performa James. Dalam laga teranyar Los Merengues pada Minggu (30/8/2015), dia berhasil membawa timnya menghajar Real Betis 5-0 berkat gelontoran dua gol dan satu assistnya. Mampukah James menyaingi prestasi Ronaldo? Waktu akan menjawabnya.


Editor : Septian Tambunan
Sumber : AS


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X