Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tarik Dayung Perahu Naga, Varian Balap Perahu

By Suryo Wahono - Kamis, 27 Agustus 2015 | 05:00 WIB
Lomba tarik dayung perahu naga di Polandia, bisa dimainkan di kolam renang biasa.
Youtube
Lomba tarik dayung perahu naga di Polandia, bisa dimainkan di kolam renang biasa.

Balap perahu naga adalah lomba mendayung bersama-sama dengan sebuah kapal dengan desain tradisional Tiongkok. Untuk sinkronisasi para pedayung, di ujung kapal di belakang ornamen kepala naga, ada satu orang menabuh genderang.

Indonesia pada Juni 2015 lalu turut mengirimkan tim dalam sebuah festival perahu naga di Hongkong. Kehadiran Indonesia di festival pariwisata itu adalah untuk pertama kalinya.

"Ini adalah tahun pertama tim Indonesia akan bergabung dalam festival ini. Kami sangat senang menantikannya," kata Becky Ip, Deputy Executive Director Hong Kong Tourism Board (HKTB) pada Maret lalu kepada CNN.

Festival Perahu Naga merupakan salah satu perayaan yang menjadi hari libur nasional di Tiongkok. Liburan Festival Perahu Naga 2015 dimulai sejak Sabtu (20/6/2015) hingga puncak perayaan tiba pada Senin (22/6/2015).

Balap perahu naga biasanya menggunakan arena di sungai besar atau di tengah danau. Akan tetapi, sekelompok komunitas perahu naga di Polandia ini membuat varian dari lomba mendayung kapal yang masing-masing terdiri dari 22 orang itu.

Lomba unik ini tidak perlu tempat seluas danau karena bisa diadakan di kolam renang. Sebuah perahu naga ditumpangi oleh peserta dari dua tim masing-masing beranggotakan enam orang.

Ketika lomba dimulai, tiap tim berusaha mendayung maju ke arah lawannya, sedangkan dari sisi lain juga berusaha maju ke arah yang berseberangan. Jadi, lomba ini mirip tarik tambang versi perahu. Sementara ini kami sebut saja tark dayung perahu naga karena nama resmi tampaknya belum ada.

Untuk lebih jelasnya saksikan klip video berikut ini:


Editor : Suryo Wahono
Sumber : YouTube, cnn


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X