Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nasib Chelsea Terakhir Kali Costa Skorsing 3 Laga

By Firzie A. Idris - Rabu, 23 September 2015 | 16:50 WIB
Diego Costa memprotes keputusan Mike Dean yang memberinya kartu kuning pada laga Chelsea vs Arsenal di Stamford Bridge pada Sabtu (19/9/2015).
Ross Kinnard/Getty Images
Diego Costa memprotes keputusan Mike Dean yang memberinya kartu kuning pada laga Chelsea vs Arsenal di Stamford Bridge pada Sabtu (19/9/2015).

Football Association (FA) Inggris akhirnya menjatuhi striker Chelsea, Diego Costa, hukuman tiga laga setelah insiden yang terjadi kala the Blues menang 2-0 atas Arsenal di Stamford Bridge, Sabtu (19/9/2015). Ini bukan pertama kali striker Spanyol itu menjalani skorsing tiga partai. Bagaimanakah pengaruh absensi Costa ke hasil-hasil Chelsea terakhir kali?

Costa terakhir bermasalah dengan komite disiplin FA kala ia menginjak kaki pemain Liverpool, Emre Can, di leg kedua semifinal Piala Liga, Januari lalu. Sama seperti sekarang, ketika itu hukumannya datang setelah wasit dan para ofisial laga gagal melihat kejadian saat pertandingan berlangsung.

Pengadil ketika itu, Michael Oliver, mengevaluasi kejadian lewat video dan mengatakan pada FA bahwa insiden layak mendapat kartu merah.

Kejadian itu punya "api" dalam konteks secara luas. Jose Mourinho mengklaim bahwa hukuman ini semakin memperjelas adanya "kampanye khusus" yang bertujuan untuk menjebolkan Chelsea. Ia pun terkena denda 25 ribu pounds dari FA atas komentar itu

Di dalam lapangan, Costa tengah panas-panasnya pada Januari 2015. Hukuman datang setelah ia mencetak 17 gol dari 19 laga Premier League sebelumnya. Costa tak bisa membela sang pemuncak klasemen ketika itu kontra City, Aston Villa, dan Everton.

Lantas bagaimana performa Chelsea ketika ia absen? Berikut adalah laga-laga yang Costa lewatkan kala menjalani skorsing tiga laga terakhir kali.

vs City 1-1 (di Stamford Bridge, 31 Januari 2015): Chelsea mempertahankan keunggulan lima poin di puncak setelah berhasil meredam lini depan City di Stamford Bridge. Loic Remy, yang menggantikan Costa, mencetak gol bagi the Blues sebelum David Silva membalas bagi tim tamu.

vs Aston Villa 2-1 (di Villa Park, 7 Februari 2015): Kendati tanpa Costa, Mourinho mengamankan kemenangan liga pertamanya di Villa Park. Eden Hazard dan Branislav Ivanovic memastikan kemenangan bagi pasukan Mou. Hasil ini penting karena pada saat bersamaan City ditahan imbang di kandang oleh Hull.

vs Everton 1-0 (di Stamford Bridge, 11 Februari 2015): Gol menit akhir Willian melebarkan jarak Chelsea di puncak menjadi tujuh poin. Pahlawan di laga ini adalah Petr Cech yang menghalau usaha Romelu Lukaku dengan sangat brilian.

Kali ini, Costa akan absen pada laga Piala Liga kontra Walsall dan partai-partai Premier League lawan Newcastle serta Southampton. Berbeda dengan terakhir kali, performa eks Atletico Madrid tersebut lebih adem. Ia hanya mencetak satu gol dari enam laga liga sejauh ini, termasuk partai lawan Arsenal.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X