Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kisah Menarik Menjelang Skotlandia vs Jerman

By Weshley Hutagalung - Senin, 7 September 2015 | 19:30 WIB
Gordon Strachan, mantan pemain Skotlandi yang menjegol gawang Jerman Barat.
Getty Images
Gordon Strachan, mantan pemain Skotlandi yang menjegol gawang Jerman Barat.

Ada beberapa kisah menarik menjelang laga Skotlandia versus Jerman dalam lanjutan laga Kualifikasi Piala Eropa 2016 di Hampden Park, Glasgow, pada Senin (7/8) atau Selasa (8/9) pukul 01.45 WIB.

Pada laga pembuka Grup D Kualifikasi Euro 2016, Jerman susah payah untuk dapat menekuk Skotlandia dengan skor 2-1. Pertandingan yang digelar pada 7 September 2014 itu dianggap masih berbau pesta perayaan juara dunia di timnas Jerman.

Kemenangan itu meneruskan catatan baik Jerman ketika berjumpa Skotlandia dalam pertandingan resmi. Ya, Jerman belum pernah kalah melawan Skotlandia dalam tujuh duel.

Hasil terburuk Jerman melawan Skotlandia adalah dua kali imbang, dan semua terjadi di Kota Glasgow.

Kisah menarik lain dari catatan sejarah pertemuan antara Jerman dan Skotlandia melibatkan tiga nama beken, yakni Franz Beckenbauer, Alex Ferguson, dan Gordon Strachan.

Piala Dunia 1986. Skotlandia tergabung dalam Grup E di bersama Denmark, Uruguay, dan Jerman Barat. Fase grup selesai dengan menempatkan Skotlandia di peringkat akhir klasemen.

Ketika itu, Skotlandia yang dilatih Alex Ferguson hanya punya satu hasil seri dan satu gol ke gawang lawan dari tiga pertandingan.

Hasil seri didapat saat melawan Uruguay (0-0) dan satu gol itu dilesakkan ke gawang Jerman Barat oleh Gordon Strachan.

Gol Gordon Strachan tercipta di menit ke-18 dan membuat Skotlandia unggul di Estadio Corregidora, stadion di Kota Queretaro, Meksiko, yang berkapasitas 33.578 penonton.

Namun, Skotlandia tak bisa memenangkan pertandingan karena Jerman Barat, yang saat itu dilatih Franz Beckenbauer, mencetak dua gol lewat duet striker mereka: Rudi Voeller (23') dan Klaus Allofs (49').

Kini, Gordon Strachan menjadi pelatih tim nasional Skotlandia untuk mencoba memperbaiki catatan pertemuan melawan Jerman di Kota Glasgow.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Uefa.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X