Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ganti Blind dengan Koeman Bersaudara

By Firzie A. Idris - Senin, 7 September 2015 | 20:39 WIB
Ronald dan Erwin Koeman saat mendampingi Southampton di laga Premier League.
Getty Images
Ronald dan Erwin Koeman saat mendampingi Southampton di laga Premier League.

Pengamat sepak bola di Belanda kecewa melihat kekalahan 0-3 Oranye dari Turki di Kualifikasi Euro 2016, Minggu 6 September 2015. Mantan pemain tim nasional Belanda, Rene van der Kerkhof, langsung meminta agar pelatih baru Danny Blind diganti.

Rene van der Kerkhof menilai Danny Blind tidak layak menjadi pelatih tim nasional Belanda. Faktanya, sejak menggantikan Guus Hiddink pada 1 Agustus 2015, Danny Blind selalu kalah bersama timnas Belanda. Sebelum dipukul Turki, Belanda dikalahkan Islandia 0-1 di Amsterdam. Hasil itu membuat Belanda terancam gagal lolos ke Euro 2016.

"Kami memiliki pemain-pemain bertalenta, kami mempunyai pemain-peamin bagus, tetapi jika kalah pada pertandingan ini (melawan Turki), Anda sebagai pemain hebat mesti mulai berpikir bahwa Apa yang Anda lakukan salah," kata Rene van der Kerkhof mengkritik Danny Blind, kepada Omroep Brabant.

Mantan pemain PSV Eindhoven itu meminta kepada persatuan sepak bola Belanda (KNVB) untuk mengganti Danny Blind dengan pasangan kakak-beradik, Erwin dan Ronald Koeman. Sebelum Guus Hiddink ditunjuk KNVB pada pertengahan tahun 2014, Ronald Koeman dijagokan sebagai pengganti Louis van Gaal, yang sukses membawa Belanda ke peringkat tiga Piala Dunia 2014.

Ronald Koeman dijagokan karena sukses mematangkan para pemain muda di Feyenoord Rotterdam. Stefan de Vrij, Bruno Martins Indi, dan Jordy Clasie yang masuk skuat Belanda di Piala Dunia 1994, merupakan contoh pemain yang semakin dimatangkan Ronald Koeman di Feyenoord.

KNVB malah memilih Guus Hiddink dan kemudian Danny Blind sebagai pengganti. Tak dipilih KNVB, Ronald Koeman kemudian mengajak abangnya, Erwin, untuk membesut Southampton. Koeman bersaudara berhasil memasukkan Southampton di zona Eropa pada klasemen akhir Premier League 2014/15.


Editor : Riemantono Harsojo
Sumber : Algemeen Dagblad


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X