Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ke Mana Djorkaeff, Sang Legenda Inter dan Prancis?

By Indra Citra Sena - Jumat, 7 Agustus 2015 | 21:24 WIB
Youri Djorkaeff mengangkat trofi Piala Dunia 1998.
Shaun Botterill/Getty Images
Youri Djorkaeff mengangkat trofi Piala Dunia 1998.

an tentu tak asing dengan Youri Djorkaeff. Pria keturunan Rusia-Armenia itu merupakan bagian dari skuat tim inti nasional Prancis sewaktu menjuarai Piala Dunia 1998 dan Euro 2000.

Khusus di Piala Dunia 1998, Djorkaeff selalu bermain di tujuh pertandingan mulai dari fase grup hingga final. Catatan tersebut hanya bisa disamai oleh dua pemain lain, yakni Fabien Barthez dan Marcel Desailly.

Peran Djorkaeff sebagai tulang punggung Prancis berlanjut di Euro 2000. Sedikit berbeda dengan Piala Dunia 1998, striker yang terkenal jago mengeksekusi tendangan penalti itu sempat sekali absen sepanjang turnamen.

Djorkaeff terlihat duduk manis di bangku cadangan menyaksikan Prancis memenangi laga semifinal kontra Portugal. Dia baru kembali masuk susunan pemain pada pertandingan final menghadapi Italia. 

Cemerlang di level timnas, Djorkaeff juga terbilang sukses di level klub. Dia turut berjasa mempersembahkan trofi Coupe de France 1990/91 saat memperkuat Monaco, Piala Super Prancis 1995 dan Piala Winner 1995/96 bersama PSG, serta Piala UEFA 1997/98 bareng Internazionale.

Selepas dari Internazionale, karier Djorkaeff cenderung mengalami penurunan. Dia bergabung dengan klub-klub medioker seperti Kaiserslautern, Bolton Wanderers, Blackburn Rovers, hingga akhirnya memutuskan gantung sepatu pada 29 Oktober 2006 usai semusim membela New York Red Bulls.

Misi Mulia Djorkaeff>>


Editor : Indra Citra Sena
Sumber : Harian BOLA (Indra Citra Sena)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X