Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lahm Sudah Tentukan Akhir Karier Sepak Bolanya

By Verdi Hendrawan - Kamis, 10 September 2015 | 06:15 WIB
Philipp Lahm
Lintao Zhang/Getty Images
Philipp Lahm

Kapten Bayern Muenchen, Philipp Lahm, sudah menentukan kapan karier sepak bolanya akan berakhir. Pemain berusia 31 tahun itu mengatakan bahwa segalanya akan berakhir pada 2018.

Artinya, Lahm akan mengakhiri karier sepak bola profesionalnya yang sudah ia jalani sejak 2002 silam pada usia 34 tahun. Usia yang sudah tidak muda lagi bagi seorang pesepak bola, meski masih banyak pemain yang tetap eksis pada usia tersebut di level tertinggi.

"Sekali lagi, sudah sangat jelas bahwa saya akan mengakhirinya (karier) pada 2018. Sangat baik bagi saya untuk mempersiapkan tanggal yang pasti," kata Lahm dikutip dari Sky Sports.

Hingga saat ini, Lahm telah membela Bayern Muenchen sebanyak 427 kali di sepanjang kariernya. Pemain asli binaan Muenchen itu telah meraih banyak gelar bersama Die Bayern, seperti enam trofi Bundesliga, lima DFB Pokal, dua Piala Super Jerman, satu Liga Champions, satu Piala Super Eropa, satu Piala Dunia Antar Klub.

Sedangkan bersama tim nasional Jerman, karier Lahm sudah berakhir usai membewa Die Mannschaft menjuarai Piala Dunia 2014. Saat ini, Lahm mengaku sedang mempersiapkan sesuatu sebagai tanda perpisahannya bersama Die Mannschaft.

"Bersama tim nasional, saya sedang mempersiapkan perpisahan saya. Saya masih berkomitmen 100 persen atas keputusan saya dan tidak pernah menyesalinya," ungkap Lahm.

Lahm juga mengaku bahwa pada saat ini dirinya tidak melihat adanya kemungkinan dirinya akan menjadi seorang pelatih sepak bola setelah tidak lagi bermain. Meskipun segalanya masih bisa berubah seiring berjalannya waktu.


Editor : Verdi Hendrawan
Sumber : Sky Sports


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X