Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dalam Hal Melatih, Xavi Pilih LvG Ketimbang Pep

By Firzie A. Idris - Kamis, 10 September 2015 | 05:28 WIB
Xavi Hernandez
David Ramos/Getty Images
Xavi Hernandez

Xavi Hernandez mengakui bahwa Josep Guardiola dan Louis van Gaal merupakan dua pelatih terbaik yang pernah menanganinya di Barcelona. Namun dalam hal melatih, mantan gelandang dan kapten Blaugrana itu lebih memilik LvG ketimbang Pep.

Xavi menyebut Pep Guardiola sebagai seorang pemimpin dalam segala hal. Kepemimpinan pria yang kini menangani Bayern Muenchen itu sebagai pemain dan pelatih sangat berpengaruh dalam perkembangan dan gaya bermain Xavi.

"Pep telah menjadi pemimpin dalam segala hal bagi karier saya. Kami berbicara dengan bahasa sepak bola yang sama dan dibesarkan di rumah yang sama. Kami memahami permainan dengan cara yang sama. Bagi saya dia adalah salah satu pelatih terbaik di dunia," kata Xavi dikutip dari Marca.

"Pekerjaan yang telah dia lakukan di Bayern Muenchen juga sangat baik. Setiap tahun mereka selalu menjadi tim favorit Liga Champions bersama Barca dan Real Madrid, tim terbesar di Eropa," lanjutnya.

Sedangkan mengenai Van Gaal, Xavi menyebut sosok yang kini menjadi manajer Manchester United itu sebagai pelatih paling menakjubkan. Terlebih pelatih asal Belanda itulah yang mengangkat pemain yang kini telah berusia 35 tahun itu dari Barcelona B ke tim utama dan memberikan pertandingan debut pada 1998 silam.

"Dia adalah pelatih yang memperhitungkan segalanya. Dia seorang pelatih yang luar biasa dan fantastis. Dia adalah yang terbaik pada saat ini," ungkap Xavi.

"Saya percaya bahwa seiring dengan bergulirnya waktu, ia akan melakukan pekerjaan yang sangat baik di Manchester. Dia harus membuat tim masuk ke Liga Champions. Mereka kini telah lolos dan akan menjadi pesaing kuat meraih gelar Premier League," tambah pemain milik Al Sadd itu.


Editor : Verdi Hendrawan
Sumber : Marca


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X