Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Analisis Statistik - Awal Kembalinya Harry Kane?

By Firzie A. Idris - Minggu, 23 Agustus 2015 | 14:57 WIB
Getty Images

Penyerang Tottenham, Harry Kane, terlihat mulai bangkit pada laga kontra Leicester akhir pekan kemarin setelah dua pekan awal nan sulit. Bomber pencetak 21 gol liga musim lalu ini tampak lebih tajam di Kingpower Stadium. Melalui kerjasama dengan Labbola, mari kita lihat statistik sang penyerang muda tersebut dalam tiga laga Premier League sejauh ini.

Kane baru bisa mencuri perhatian lagi saat melawan The Foxes. Betul ia tak mencetak gol, tapi pergerakan serta penetrasinya terlihat lebih tajam pada laga ini ketimbang sebelum-sebelumnya.

Statistik Harry Kane di 3 Laga Pertama EPL 2015-16

 

Vs Manchester United

Vs Stoke City

Vs Leicester City

TOTAL

Rata-Rata

Menit Bermain

90

63

90

243

 

Tembakan

1

1

4

6

2

Tembakan ke Gawang

0

1

2

3

1

Akurasi Tembakan

0%

100%

33%

 

40%

Menciptakan Peluang

1

1

3

5

1.6

Akurasi Operan

66%

63%

75%

 

68%

Secara sekilas, kita bisa langsung mengetahui bahwa secara statistik Kane mengalami peningkatan dramatis pada laga yang berakhir 1-1 berkat gol Dele Alli dan Riyad Mahrez tersebut. Pergerakan dan penetrasinya juga lebih tajam ketimbang kontra Setan Merah dan The Potters.

Jika dipecah lebih lanjut, Kane menuntaskan 9 dari dari 13 operan (69%) pada babak pertama kontra Man United dan hanya 8 dari 15 (53%) pada babak kedua.

Berlanjut ke laga kontra Stoke dan kita akan menemukan pola serupa, 6 dari 11 operan (54%) pada babak pertama dan hanya sekali (!) dari tiga usaha (33%) pada babak kedua sebelum Mauricio Pochettino melihat bahwa Kane sudah keletihan dan menggantinya.

Sang pelatih sendiri mengungkapkan bahwa kelelahan menjadi faktor utama sang pemain kehilangan ketajaman. Apalagi, Spurs juga mengarungi perjalanan keliling dunia untuk tur pramusim mereka. Kontribusi Kane sendiri selama pramusim tak mumpuni.

Setelah melalui beberapa sesi latihan di Inggris, kondisi fisiknya terlihat mulai pulih. Di Kingpower, ia berhasil menuntaskan 7 dari sembilan operannya pada babak pertama (77%) dan 11 dari 15 (73%) sepanjang babak kedua.

Ia berani membawa bola ke jantung pertahanan Leicester dan berandil besar dalam terciptanya gol Spurs yang dicetak Alli. Beberapa menit sebelumnya, ia bahkan bisa mencetak gol sendiri setelah meliuk-liuk melewati barisan pertahanan lawan.


Editor : Labbola
Sumber : Feri Patriyadi (Labbola); JUARA.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X