Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Bert van Marwijk Diragukan Publik Belanda

By Caesar Sardi - Rabu, 9 September 2015 | 09:00 WIB
Bert van Marwijk diragukan sehebat Marco van Basten.
Robert Vos/AFP
Bert van Marwijk diragukan sehebat Marco van Basten.

Kulitnya tidak pucat seperti kebanyakan orang Belanda, tapi berkelir cokelat layaknya orang melayu. Keunikannya juga kian kentara lantaran tidak ada lagi sehelai rambutnya yang masih berwarna hitam. Semuanya putih keperakan.

Karena itu, tidak salah bila pria berumur 55 tahun itu pun menyatakan bahwa tawaran untuk menjadi suksesor Marco van Basten seusai Euro 2008 sungguh datang tepat waktu.

“Rambut saya sudah putih dan permintaan KNVB untuk menangani tim nasional adalah posisi tertinggi yang bisa dicapai seorang pelatih,” kata Bert van Marwijk pada De Telegraaf, pada Senin (3/3).

Hari itu sang pelatih Feyenoord tersebut memang resmi diumumkan KNVB bakal memimpin De Oranje pada kualifikasi Afsel 2010 lantaran Van Basten telah memastikan akan memegang Ajax Amsterdam selepas Swiss-Austria 2008.

Jujur saja, Van Marwijk sedikit diragukan bisa membentuk skuad Belanda yang tangguh seperti sekarang. Pada uji coba terakhir, John Heitinga dkk. memang tampil kian menawan dan berhasil menaklukkan Kroasia 3-0.

Pengalaman Van Basten yang minim dalam melatih memang telah terbukti bisa dikompensasi dengan kecapan jam terbang tingginya bermain untuk De Oranje di masa lampau. Sebaliknya Van Marwijk justru hanya sempat satu kali memperkuat tim nasional.

Kurang Berkarisma

Kiprah internasional terbaik dari mertua gelandang Bayern Muenchen, Mark van Bommel, itu adalah saat sebagai pelatih mengantar Feyenoord menjadi juara Piala UEFA 2002 dengan mengalahkan Dortmund di final.

Selebihnya lelaki kelahiran Deventer itu justru terkesan hanya jago kandang lantaran memperlihatkan prestasi seadanya saat menangani klub Belgia dan Jerman.

Kemampuan teknis Van Marwijk tidak diragukan, namun dengan bekal rekor minim kiprah di panggung-panggung besar ia dianggap tidak punya karisma untuk merekatkan dan memberi sugesti di De Oranje, yang langganan disesaki sejumlah bintang berkepala batu.

Kasihan benar Van Marwijk, belum mulai bekerja saja kok malah sudah diragukan publik.

(Penulis: Darojatun)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Jumat 7 Maret 2008, BOLA Edisi No. 1.807


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X