Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jens Lehmann, Antara Gawang, Film, dan Pandit (1)

By Indra Citra Sena - Rabu, 22 Juli 2015 | 22:59 WIB
Jens Lehmann, ikut andil dalam keberhasilan Arsenal menjuarai Premier League 2003/04 tanpa terkalahkan.
Andreas Rentz/Bongarts
Jens Lehmann, ikut andil dalam keberhasilan Arsenal menjuarai Premier League 2003/04 tanpa terkalahkan.

Kepindahan Bastian Schweinsteiger ke Manchester United boleh jadi merupakan sebuah perjudian besar bagi sang pemain. Pasalnya, sejauh ini hanya terdapat segelintir pesepak bola asal Jerman yang meraih kesuksesan di tanah Inggris.

Salah satu dari segelintir pemain Jerman yang terbilang berhasil di Negeri Ratu Elisabeth adalah Jens Lehmann, kiper andalan Arsenal periode 2003-2008.

Selama lima musim di Arsenal, ia sanggup mempersembahkan tiga gelar domestik, Premier League 2003/04, Community Shield 2004, dan Piala FA 2004/15. Prestasi yang disebut pertama bahkan terbilang luar biasa, yakni jawara Liga Inggris tanpa terkalahkan.

Lehmann menjadi bagian penting dalam perjalanan Arsenal menorehkan catatan The Invincible alias tak pernah menelan kekalahan selama satu musim kompetisi. Saat itu, dia selalu menempati posisi di bawah mistar gawang dari awal hingga pengujung musim.

Di luar kompetisi domestik, Lehmann juga hampir mengantarkan Arsenal memenangi trofi Liga Champion perdana di 2005/06. Sayang, klub asal London Utara itu takluk 1-2 dari Barcelona di partai puncak dan sang kiper mesti diusir wasit akibat melakukan pelanggaran keras terhadap Samuel Eto’o pada awal laga.

Pada musim panas 2008, Lehmann hengkang ke Stuttgart. Dia bertahan di sana selama dua musim sampai memutuskan gantung sarung tangan di pengujung 2009/10.

Namun, berselang beberapa bulan kemudian Lehmann kembali dari masa pensiun guna memperkuat Arsenal yang tengah mengalami krisis pemain di sektor penjaga gawang. Di akhir 2010/11, barulah ia benar-benar menutup karier sebagai pesepak bola profesional.

Selanjutnya>>


Editor : Indra Citra Sena
Sumber : Harian BOLA (Indra Citra Sena)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X