Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kualitas Wasit Piala Kemerdekaan Dinilai Tak Bagus

By Ary Wibowo - Rabu, 26 Agustus 2015 | 22:10 WIB
Pemain PPSM memprotes kepemimpinan wasit di Piala Kemerdekaan.
Gonang Susatyo
Pemain PPSM memprotes kepemimpinan wasit di Piala Kemerdekaan.

YOGYAKARTA, JUARA.net – Kinerja beberapa wasit di Piala Kemerdekaan mendapat sorotan. Bahkan, wasit yang bertugas dinilai kurang paham peraturan pertandingan sehingga melakukan blunder yang merugikan salah satu tim.

Hal itu dirasakan PPSM Magelang saat menghadapi Persiba Bantul dan Persinga Ngawi di Grup C Piala Kemerdekaan. Pelatih PPSM Gatot Barnowo mempertanyakan keputusan wasit Solikhin (Jawa Timur) yang mengesahkan gol Persiba.

Gatot menilai gol itu kontroversial karena sudah terjadi pelanggaran terhadap kiper PPSM Joko Ribowo. Gol yang dicetak Komad Suharto menjadikan PPSM kalah 0-1 dari tim tetangga, Persiba.

“Saya bisa memaklumi karena wasit tidak begitu paham dengan peraturan pertandingan. Kemampuan wasit memang seperti itu sehingga harus ditingkatkan,” ujar Gatot.

Kritikan terhadap kinerja wasit kembali disampaikan Gatot saat PPSM dikalahkan Persinga 0-2. Dalam laga itu, Gatot sempat memprotes asisten wasit yang beberapa kali melakukan kesalahan.

“Beberapa keputusan wasit menjadi blunder yang menguntungkan tim  lawan. Faktor nonteknis ini yang mempengaruhi psikologis pemain kami,” ucap Gatot.

Kurang bagusnya kinerja wasit diakui Kemenpora yang menggagas Piala Kemerdekaan melalui Tim Transisi. Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot Dewa Broto, mengakui bila kualitas wasit yang memimpin laga di Piala Kemerdekaan memang bukan yang terbaik.

“Wasit sesungguhnya sudah berusaha menunjukkan memimpin laga dengan adil, tetapi mereka memang bukan yang kualitas terbaik. Kualitas mereka masih di bawah wasit yang memimpin pertandingan Liga Super Indonesia (LSI). Apalagi banyak di antara mereka yang sudah lama tidak memimpin laga,” ujar Gatot.

Menurut dia, pihaknya pun sudah mengambil langkah dengan tidak lagi menugaskan wasit yang rapor kinerjanya memang merah.


Editor :
Sumber : juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X