Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mourinho Sebut Sosok Penggantinya Paling Ideal

By Jalu Wisnu Wirajati - Kamis, 20 Agustus 2015 | 19:06 WIB
Rui Faria (kanan), calon pengganti terbaik menurut Jose Mourinho.
Alex Livesey/Getty Images
Rui Faria (kanan), calon pengganti terbaik menurut Jose Mourinho.

Dua hasil buruk yang diraih Chelsea di awal Premier League musim 2015-16 membuat status Manajer Jose Mourinho sempat dikabarkan goyah. Apalagi, manajer berusia 52 tahun itu justru menyebut siapa sosok yang tepat sebagai penggantinya di Stamford Bridge.

Setelah ditahan imbang 2-2 oleh Swansea City, kekalahan telak 0-3 dari Manchester City, Minggu (16/8/2015), benar-benar men­­jadi pukulan telak buat The Blues. Kondisi ini membuat nama Mourinho sudah bercokol di posisi kedua dalam daftar pelatih yang kemung­kin­an bakal dipecat.

Pada bursa taruhan Bet­fair, nama Mou­rinho kini berada di posisi kedua sebagai calon dipe­cat setelah pelatih Sun­der­­land, Dick Advocaat. Sun­derland menderita dua keka­lahan dari dua pertan­ding­an dan kini berada di posisi terbawah klasemen.

Bukannya mengeluarkan pembelaan, Mourinho justru menunjuk seseorang sebagai calon paling tepat sebagai pengganti jika Chelsea memutuskan untuk memberhentikan dirinya. Orang yang ditunjuk Mou adalah asisten pelatih Rui Faria.

"Jika suatu hari nanti saya harus memilih pengganti, seseorang yang benar-benar saya pikir sangat mirip dengan saya, memiliki cara memimpin, melatih, dan kepribadian mirip dengan saya, ia adalah asisten saya, Rui Faria," kata Mourinho dikutip dari Squawka.

Mourinho saat masih bekerja sebagai asisten pelatih Louis van Gaal di Barcelona, bertemu dengan Rui Faria pada sebuah seminar di Camp Nou. Keduanya menjalin kerja sama pertama kali ketika Mourinho ditawari pekerjaan di UD Leiria pada tahun 2001 dengan menjadikan Faria sebagai pelatih kebugaran tim.

Sebelum kedua sosok tersebut kembali ke Chelsea pada 2013, mereka tidak pernah gagal meraih satu gelar dalam satu tahun kalender. Meski Mou telah banyak membimbing beberapa orang yang kini menjadi manajer besar seperti Brendan Rodgers, Andre Villas-Boas, dan Aitor Karanka, tetapi Faria selalu menjadi orang kepercayaannya.


Editor : Verdi Hendrawan
Sumber : Squawka


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X