Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Karnaval Sepak Bola Merdeka Kreasi The Maczman

By Wisnu Nova Wistowo - Selasa, 18 Agustus 2015 | 03:25 WIB
Karnaval Sepak Bola Merdeka Kreasi The Maczman
Abdi Satria/Harian BOLA
Karnaval Sepak Bola Merdeka Kreasi The Maczman

The Maczman, kelompok suporter kreatif Makassar, punya cara tersendiri untuk memperingati 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Senin (17/8) petang, mereka menggelar karnaval bertajuk 'Sepak Bola Merdeka' menyusuri jalan-jalan utama Kota Makassar.

"Karnaval ini hanya diikuti tidak lebih dari 700 anggota. Mereka adalah perwakilan dari sektor atau zona Makassar dan sekitarnya," ujar Andi Coklat, jenderal lapangan The Maczman usai karnaval.

Saat berkanaval, selain membawa bendera merah putih berukuran 8x12, The Maczman juga 'membekali diri' dengan kertas karton berukuran variatif dengan kalimat-kalimat kritis. Tulisan yang paling mencolok adalah "Indonesia sudah merdeka 70 tahun. Tapi, sepak bola Indonesia masih terjajah".

"Itu adalah bentuk ungkapan kekecewaan The Maczman yang rindu ingin melihat aksi Syamsul Chaeruddin dan kawan-kawan di Stadion Andi Mattoangin Mattalatta," jelas Andi Makkarateng, pentolan The Maczman lainnya.

Selain berkanaval, The Maczman juga menggelar sejumlah lomba khas kemerdekaan seperti membawa kelereng dengan sendok dan sepak bola jalanan di pelataran Fort Rotterdam, benteng peninggalan Belanda. "Kami berharap setelah ini, sepak bola Indonesia 'kembali merdeka'. Kami ingin kompetisi kembali digelar," tegas Coklat.

Coklat menambahkan setelah berkanaval The Maczman akan fokus mempersiapkan diri menyambut pergelaran Piala Presiden 2015. Pihak Makaha Sport and Entertainment selaku promotor sudah menetapkan Stadion Andi Mattalatta Mattoangin sebagai salah satu lokasi pertandingan. PSM selaku tuan rumah akan menjamu Pusamania Borneo FC, Persipasi Bandung Raya dan Gresik United. "Kami sudah mempersiapkan yel-yel baru untuk mendukung perjuangan PSM di Piala Presiden," jelas Coklat.


Editor : Abdi Satria
Sumber : juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X