Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Juara EPL Kembali Ke Manchester United

By Caesar Sardi - Kamis, 9 Juli 2015 | 20:25 WIB
Man. United, gelar juara liga kesembilan dalam 15 musim.
Alex Livesey/Getty Images
Man. United, gelar juara liga kesembilan dalam 15 musim.

37 atau sepekan sebelum berakhirnya kompetisi.

Kemenangan 1-0 dalam derby melawan Manchester City di City of Manchester, 5 Mei 2007, membuat perolehan poin United tidak terkejar lagi oleh pesaing utamanya, Chelsea. Padahal dari pekan ke-32 hingga 35, kedua tim hanya berbeda tiga angka.

Tanda juara bagi United mulai tergambar di partai ke-35 saat United melibas tuan rumah Everton 4-2 di Goodison Park dan pada saat bersamaan Chelsea di stadion sendiri, Stamford Bridge, ditahan Bolton Wanderers 0-0. Dengan hasil-hasil itu, perolehan angka United menjadi 86 dan Chelsea 81.

Pada partai ke-36 kemenangan atas The Citizen dilengkapi hasil imbang 1-1 yang dicatat Chelsea dalam derby melawan Arsenal di Emirates Stadium sehingga posisi angka United menjadi 89 dan Chelsea 82.

Pada pekan terakhir, saat Red Devils kalah 0-1 dari West Ham dan The Blues bermain 1-1 dengan Everton, yang membuat nilai United 89 dan Chelski 83, seakan formalitas dan menjadi inaugurasi juara di Old Trafford.

Publik United terakhir kali merasakan pesta juara pada 2003 dan ini merupakan gelar juara liga kesembilan dalam 15 musim terakhir yang dipersembahkan sang manajer, Sir Alex Ferguson. Dalam 15 musim tersebut, Sir Alex hanya gagal pada 1995 (Blackburn), 1998 (Arsenal), 2002 (Arsenal), 2004 (Arsenal), 2005 (Chelsea), 2006 dan (Chelsea).

“Dalam dua tahun, Chelsea mendominasi Premier League dan merupakan pekerjaan besar bagi kami untuk menggesernya. Kuncinya adalah start sangat bagus di awal musim. Itu memberi kami memontum,” tutur the Scot kala berbicara kepada Sky Sports.

Penghargaan Ronaldo

Pemain yang paling pantas mendapat penghargaan adalah Cristiano Ronaldo. Aksi-aksinya menjadi pemicu gol demi gol serta kemenangan demi kemenangan. Ia bahkan mencetak 17 gol, hanya terpaut tiga gol dari Didier Drogba, yang menjadi top scorer. Prestasi sangat hebat karena Ronaldo sebetulnya seorang gelandang. Wayne Rooney pun kalah dalam agresivitas karena hanya mencetak 14 gol.

Prestasi tersebut membuat Ronaldo mendapat banyak penghargaan untuk kiprahnya sepanjang musim 2006/007. Total ada 17 penghargaan yang diterima Ronaldo, termasuk posisi kedua European Footballer of the Year alias Pemain Terbaik Eropa dan tempat ketiga untuk FIFA World Player of the Year atau Pemain Terbaik Dunia.

Di Inggris, pemain asal Portugal ini dinobatkan sebagai Pemain Terbaik versi Asosiasi Pesepakbola Profesional, Pemain Terbaik versi Wartawan Sepakbola, Barclays Player of the Season, Manchester United Players’ Player of the Year, serta dari negeri asalnya, ada penghargaan Pemain Terbaik Portugal.

(Penulis: Yudhi F. Oktaviadhi)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : BOLA Edisi No. 1.787, Jumat 28 Desember 2007


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X