Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Messi Mandul 2,5 Bulan

By Caesar Sardi - Selasa, 18 Agustus 2015 | 22:41 WIB
Lionel Messi berusaha dihibur oleh Ronaldinho, sesaat setelah gagal dalam tendangan pinalti ke gawang Villareal dalam pertandingan Piala Raja.
Lluis Gene/AFP
Lionel Messi berusaha dihibur oleh Ronaldinho, sesaat setelah gagal dalam tendangan pinalti ke gawang Villareal dalam pertandingan Piala Raja.

0 atas Murcia di jornada 19 (12/1), tak ada nama Lionel Messi di skuad Frank Rijkaard. Ia dalam proses pemulihan cedera. Namun, tahukah Anda gol terakhir Messi terjadi pada 24 November 2007?

Skor 3-0 atas Recreativo Huelva di jornada 13 adalah gol ke-8 Messi musim ini. Ia mencetak sebuah gol dari titik putih. Kenapa produktivitas itu terhenti sekitar 2,5 bulan? Padahal, angka 8 milik Messi itu menjadikan penyerang berusia 20 tahun itu sebagai el pichichi sementara untuk Barcelona.

Banyak teori yang bisa dimunculkan guna menjawab kemandulan Messi. Pertama tentang hantaman cedera yang menyebabkan hilangnya penampilan trio Messi, Ronaldinho, dan Samuel Eto’o. Kerja sama mereka pernah menjadi trisula maut yang menghadirkan gelar juara.

Kedua, kadar pengertian antara Messi dan Thierry Henry jauh dari harapan. Perbedaan karakter pun bisa menjadi penyebab buruknya kerja sama mereka. Ketika Messi selesai mengolah bola, posisi Henry kerap sudah mati. Terkadang Messi memang terlalu asyik bermain dengan si kulit bundar. Akibatnya lawan bisa membaca taktik mereka.

Alasan lain? Tentu saja perubahan posisi dengan kehadiran dua penyerang muda, Giovani Dos Santos (18) dan Bojan Krkic (17). Ketergantungan Barcelona pada Messi di awal musim ternyata menjadi persoalan besar.

(Penulis: Weshley Hutagalung)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : BOLA Edisi No. 1.800, Selasa 12 Pebruari 2008


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X