Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Problem Kiper Jerman Menjelang EURO

By Caesar Sardi - Sabtu, 27 Juni 2015 | 00:24 WIB
Jens Lehmann dan Timo Hildebrand, perlu bermain reguler di klubnya.
Torsten Silz/AFP
Jens Lehmann dan Timo Hildebrand, perlu bermain reguler di klubnya.

Ada masalah serius yang dihadapi Jerman menjelang Euro 2008. Kiper pertama dan kedua Nationalmannschaft tidak menjadi pilihan utama di klub mereka.

Jens Lehmann dan Timo Hildebrand kesulitan masuk starting XI Arsenal dan Valencia. Lehmann disingkirkan oleh Manuel Almunia, sementara Hildebrand digusur ke bangku cadangan setelah Santiago Canizares pulih dari cedera.

Situasi ini jelas memusingkan pelatih Jerman, Joachim Low. Tidak mungkin ia membawa dua kiper yang tidak bermain secara reguler di level klub ke Austria-Swiss.

Kesiapan fisik serta mental Lehmann-Hildebrand tidak akan berada dalam kondisi yang optimal. Low juga tidak bisa begitu saja mencoret kedua kiper ini dari skuadnya.

Saat ini Jerman memang masih memiliki Robert Enke sebagai kiper ketiga. Sayangnya dari segi pengalaman, torwart klub Hannover ini belum bisa dibandingkan dengan Lehmann atau Hildebrand. Sudah pasti Low dibuat pusing.

Akhir pekan lalu, Low bersikeras mendesak Lehmann agar berbicara dengan manajer Arsenal, Arsene Wenger, soal posisinya yang sekarang menjadi tidak jelas.

“Di libur Natal nanti saya akan berdiskusi dengan Lehmann soal masalah ini, tapi sebelumnya dia harus lebih dulu berbicara dengan Wenger untuk memastikan peluangnya kembali masuk dalam tim utama,” tegas Low.

“Wenger dan Lehmann sudah memberikan banyak prestasi kepada Arsenal. Mereka berdua seharusnya bisa berdiskusi dan mencari jalan keluar. Krusial bagi Lehmann untuk mengetahui semuanya dengan pasti, tidak hanya menduga-duga,” tambah Low kepada agen berita SID.

Menurut Low, sangat penting bagi setiap pemain tim nasional untuk tampil secara reguler di klubnya. Dengan begitu, ia akan mampu menjaga ritme penampilannya.

Kalau Arsenal ternyata memang tidak mau mengembalikan Lehmann ke starting XI timnya, mungkin solusi terbaik adalah mencari klub lain. Wolfsburg dikabarkan tertarik merekrut Lehmann, namun kolektor 51 cap untuk Jerman ini belum memberi indikasi ingin hengkang dari Arsenal.

(Penulis: Dwi Widijatmiko)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Jumat 14 Desember 2007, BOLA Edisi No. 1.783


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X