Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kibarkan Bendera Pro-Catalan, Barca Didenda UEFA

By Firzie A. Idris - Jumat, 24 Juli 2015 | 07:47 WIB
Pengibaran bendera pro-Catalan di Liga Champion oleh pendukung Barcelona.
Mark Leech/Getty Images
Pengibaran bendera pro-Catalan di Liga Champion oleh pendukung Barcelona.

Barcelona menerima hukuman berupa denda sebesar 30 ribu poundsterling dari UEFA, setelah pendukung mereka membawa bendera pro-Catalan di pertandingan final Liga Champion di Olympiastadion Berlin musim lalu.

Pendukung Barcelona melanjutkan kampanye mereka dengan mendukung pemisahan Catalan dari wilayah Spanyol. Hal itu diumbar dalam laga penting seperti final Liga Champion sehingga mata dunia melihat apa yang diinginkan mayoritas pendukung Barcelona, yakni kemerdekaan Catalan.

Seperti yang dilansir dari Guardian, UEFA sebagai badan tertinggi sepak bola benua Eropa menyebutkan bahwa Barcelona sudah melanggar aturan pasal 16 yang melarang "penggunaan gerak isyarat, benda, kata, dan hal lainnya untuk menyampaikan pesan yang tidak ada hubungannya dengan olah raga".

Tak hanya laga final Liga Champions, pendukung Barcelona juga kerap mengibarkan bendera pro-Catalan di beberapa pertandingan El Barca. Sepak bola memang kerap kali menjadi media penyanmpaian suatu pesan, terutama pesan yang bersifat politik, ideologi, agama, menyinggung atau provokatif.

Pengibaran bendera pro-Catalan juga sudah sering mendapat pertentangan di Spanyol. Pendukung Barcelona pernah dikritik oleh partai politik di Spanyol setelah mereka bersiul menyanyikan lagu kebangsaan Catalan dalam laga final Piala Raja, Mei lalu.


Editor : Gerry Putra
Sumber : Guardian, UEFA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X