Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

5 Pemain Brasil Korban Louis van Gaal

By Ade Jayadireja - Rabu, 12 Agustus 2015 | 20:38 WIB
Louis van Gaal
Getty Images
Louis van Gaal

Saya tahu bahwa dia tidak suka dengan pemain Brasil. Kalimat tersebut keluar dari mulut bek yang baru angkat kaki dari Manchester United, Rafael Da Silva, saat ditanya tentang Louis van Gaal.

Di bawah asuhan Van Gaal, Rafael hanya bermain 19 kali di Premier League 2014-15. Musim berikutnya, bek asal Brasil itu merumput 10 kali. Pernyataan Rafael soal Van Gaal bisa jadi benar. Selama menjadi pelatih di berbagai klub, LvG cukup banyak mendepak pemain dari Negeri Samba.

Berikut ini lima pemain Brasil korban Van Gaal.

1. Rivaldo

Semasa di Barcelona, Rivaldo geram kepada Van Gaal karena dijadikan pemain sayap kiri. Posisi aslinya adalah playmaker. Alhasil, pada musim panas 2002, ia meninggalkan Barcelona.

2. Rafael da Silva

Rafael menjadi anak asuh Van Gal di Manchester United selama kurang lebih 12 bulan. Sulit menebus skuat utama, pemain yang berposisi sebagai bek sayap ini memutuskan untuk mencari peruntungan di Prancis bersama Lyon.

3. Fabio Rochemback

Fabio Rochemback diangkut oleh Van Gaal ke Barcelona pada musim panas 2001. Dianggap kurang bersinar, gelandang berpostur 181cm ini dipinjamkan ke Sporting CP selama tiga tahun.

4. Marcio Santos

Pemain inilah yang turut membantu Brasil menjadi juara Piala Dunia 1994. Setelah bergabung dengan skuat Ajax Amsterdam arahan Van Gaal pada 1995, sinarnya meredup. Santos tampil selama 1.926 menit selama dua tahun.

5. Sonny Anderson

Selama rentang waktu 1997–1999, Sonny Anderson mencatatkan 47 penampilan untuk Barca yang saat itu dilatih Van Gaal. Ia kemudian hengkan ke Lyon lantaran sulit mendapatkan tempat di tim inti Blaugrana.


Editor : Ade Jayadireja
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X