Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mencari Celah Ganda Putri Tiongkok

By Pipit Puspita Rini - Rabu, 5 Agustus 2015 | 19:47 WIB
Pasangan ganda putri Tiongkok, Tian Qing (kiri)/Zhao Yunlei, beraksi pada laga final Asian Games 2014 di Gyeyang Gymnasium, Korea Selatan, 22 September 2014.
BRENDON THORNE/GETTY IMAGES
Pasangan ganda putri Tiongkok, Tian Qing (kiri)/Zhao Yunlei, beraksi pada laga final Asian Games 2014 di Gyeyang Gymnasium, Korea Selatan, 22 September 2014.

Prestasi ganda putri Tiongkok di Kejuaraan Dunia nyaris sempurna. Mereka memenangi 18 dari 21 penyelenggaraan turnamen yang sekarang digelar setiap tahun tersebut.

Pasukan ganda putri Tiongkok tak terkalahkan dalam 12 penyelenggaraan terakhir. Tiga gelar lainnya dibagi masing-masing satu untuk Inggris, Jepang, dan Korea Selatan. Ini berarti bahwa Indonesia belum pernah memiliki juara dunia dari ganda putri.

Menghentikan dominasi Tiongkok di nomor ini memang tidak mudah. Mereka punya kekuatan berlapis yang sulit ditembus pasangan mana pun. Kekuatan mereka seperti tidak bercelah.

Pada Kejuaraan Dunia 2015 yang akan berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 10-16 Agustus mendatang, Tiongkok mengirimkan empat pasangan terbaik mereka, termasuk juara bertahan Tian Qing/Zhao Yunlei, yang sudah tidak bermain bersama sejak Maret lalu.

Selain Tian/Zhao, Wang Xiaoli/Yu Yang yang merupakan juara dunia 2011 dan 2013 akan hadir. Dua pasangan lainnya adalah kembar Luo Ying/Luo Yu dan Ma Jin/Tang Yuanting.

Berikut ini daftar juara dunia dalam 10 penyelenggaraan terakhir.

2014 - Tian Qing/Zhao Yunlei (Tiongkok)
2013 - Wang Xiaoli/Yu Yang (Tiongkok)
2011 - Wang Xiaoli/Yu Yang (Tiongkok)
2010 - Du Jing/Yu Yang (Tiongkok)
2009 - Zhang Yawen/Zhao Tingting (Tiongkok)
2007 - Zhang Jiewen/Yang Wei (Tiongkok)
2006 - Gao Ling/Huang Sui (Tiongkok)
2005 - Yang Wei/Zhang Jiewen (Tiongkok)
2003 - Gao Ling Huang Sui (Tiongkok)
2001 - Gao Ling/Huang Sui (Tiongkok)

Ikuti perkembangan berita ini dalam liputan khusus:

Kejuaraan Dunia 2015


Editor : Nugyasa Laksamana
Sumber :


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X