Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Mourinho, Spekulasi 116 Miliar Setahun

By Caesar Sardi - Selasa, 23 Juni 2015 | 08:00 WIB
Jose Mourinho, dukungan publik terus mengalir untuknya.
Matt Cardy/Getty Images
Jose Mourinho, dukungan publik terus mengalir untuknya.

tokoh penting dalam misi pemilihan world-class manager untuk Inggris. Barwick telah berbicara dengan kapten The Three Lions John Terry, bos Wales John Toshack, Presiden UEFA Michel Platini, hingga legenda Jerman, Franz Beckenbauer.

Ia juga akan berdiskusi dengan Steven Gerrard, Arsene Wenger, Sir Bobby Charlton, Sir Bobby Robson, Sir Alex Ferguson, serta mantan manajer Inggris, Graham Taylor dan Glenn Hoddle.

Sejauh ini, mantan manajer Chelsea, Jose Mourinho, adalah favorit terkuat. Beberapa media di Inggris pada Sabtu lalu bahkan berspekulasi bahwa FA tengah menyiapkan tawaran untuk Mourinho gaji sebesar 6 juta pound atau 116 miliar rupiah per tahun! Sementara itu The Star menyebut 4 juta pound per tahun.

Dukungan publik untuk Mourinho pun kian kencang. Setelah John Terry menyarankan agar FA menarik Mourinho, The Sun menyebut bahwa salah satu legenda Inggris, Geoff Hurst, dan mantan pelatih Inggris, Sven-Goran Eriksson, juga mendukung Mourinho. Keduanya yakin mantan bos Chelsea itu bisa sukses menangani Inggris.

Menurut Daily Star, bek Manchester United, Rio Ferdinand, juga mendorong FA untuk memilih Mourinho. “Mourinho akan menjadi pilihan sangat bagus,” katanya. Begitu pula dengan Peter Crouch, yang menyatakan dukungan di Sky Sports.

Come and Get Me

Barwick sendiri mengatakan bahwa dalam pertemuan para direktur FA pada Kamis lalu ia memang telah memutuskan untuk mendapatkan manajer kelas dunia. Barwick memimpin langsung misi bersama dengan Direktur Pengembangan FA, Sir Trevor Brooking. Barwick menegaskan tidak ada deadline dalam pencarian pelatih karena pertandingan Inggris berikutnya masih beberapa bulan mendatang.

Sementara itu, Head of Communications Adrian Bevington menyatakan bahwa Barwick dan Brooking belum melakukan pendekatan secara individual kepada siapa pun, termasuk Mourinho.

Namun, kabar-kabar di media Inggris kian mengerucutkan bidikan yang tertuju kepada Mourinho meski awalnya muncul banyak nama seperti Fabio Capello, Juergen Klinsmann, Guus Hiddink, hingga Luiz Felipe Scolari. Sunday Express malah memberitakan bahwa FA tidak senang dengan pernyataan-pernyataan Capello yang terkesan sangat ingin terpilih.

Mourinho sendiri kepada media, termasuk ketika didatangi ESPN ke rumahnya di Portugal, menyiratkan ungkapan come and get me, jika FA serius memberi tawaran maka ia pun akan menanggapinya dengan serius. Hanya, FA harus bergerak cepat karena Mourinho kini menjadi incaran banyak klub. Beberapa klub raksasa yang disebut-sebut menginginkannya adalah Barcelona, Bayern Muenchen, AC Milan, dan Real Madrid!

(Penulis: Yudhi F. Oktaviadhi)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Selasa 4 Desember 2007, BOLA Edisi No. 1.780


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X