Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Milan-Juve, Simbol Gli Azzurri

By Caesar Sardi - Sabtu, 20 Juni 2015 | 09:00 WIB
Gli Azzurri.
Paul Ellis/AFP
Gli Azzurri.

Pertemuan Milan dengan Juventus selalu menarik perhatian. Saat ini, I Rossoneri dan I Bianconeri bergelar sebagai dua klub yang paling sering juara Serie A. Il Diavolo meraih 17 scudetti, sementara La Vecchia Signora 27 scudetti.

Saat ini, kedua klub juga layak disebut sebagai simbol tim nasional Italia. Dalam skuad terakhir Gli Azzurri, Milan dan Juventus menjadi dua klub yang menyumbang paling banyak pemain untuk La Nazionale.

Dari Milan ada enam pemain, yakni bek Daniele Bonera dan Massimo Oddo, gelandang Gennaro Gattuso, Andrea Pirlo, dan Massimo Ambrosini, dan penyerang Alberto Gilardino.

Trio gelandang Gattuso-Pirlo-Ambrosini jadi salah satu kunci kesuksesan Italia memukul tuan rumah Skotlandia 2-1. Hasil itu membawa Azzurri ke Euro 2008. Pelatih Roberto Donadoni ingin timnya menjadi seperti Il Grande Milan.

Juventus menyumbang lima pemain, yakni kiper Gianluigi Buffon, bek Giorgio Chiellini, gelandang Mauro Camoranesi, dan penyerang Vincenzo Iaquinta serta Raffaele Palladino.

Juve di La Nazionale juga punya peran penting. Buffon dan Camoranesi menjadi starter dalam duel kontra Skotlandia. Iaquinta dan Chiellini menjadi pengganti.

Chiellini bahkan berperan dalam gol penentu kemenangan atas Skotlandia. Ia yang membuat Azzurri mendapat tendangan bebas yang kemudian diambil Pirlo dan diakhiri sundulan Christian Panucci.

(Penulis: Riemantono)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Jumat 30 November 2007, BOLA Edisi No. 1.779


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X