Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sevilla Jadi Penyuplai Pemain Barcelona Sejak 1933

By Indra Citra Sena - Rabu, 10 Juni 2015 | 22:20 WIB
Aleix Vidal, meneruskan tradisi transfer Barcelona dari Sevilla sejak 1933.
Albert Llop/Anadolu Agency
Aleix Vidal, meneruskan tradisi transfer Barcelona dari Sevilla sejak 1933.

Barcelona baru saja meresmikan transfer Aleix Vidal dari Sevilla pada Senin (8/6). Menilik dari lembaran sejarah, kubu Blaugrana seolah ingin meneruskan tradisi meminang pemain dari klub asal kawasan Andalusia itu yang sudah berlangsung sejak 1933.

Sebelum Vidal, Barcelona tercatat pernah 12 kali ‘membajak’ amunisi Sevilla. Permulaannya terjadi pada musim panas 1933 saat mereka merekrut gelandang Jose Padron Martin.

Padron diboyong ke Camp de Les Corts (stadion Barcelona era 1922-57) dengan harapan dapat membantu Blaugrana meraih gelar. Hanya, sang rekrutan perdana gagal memenuhi ekspektasi dan hanya bertahan semusim.

Kendati begitu, kegagalan Padron tampaknya tak membuat Barcelona kapok untuk menjalin hubungan dagang dengan Sevilla. Transaksi kedua berlangsung hampir tiga dekade kemudian, tepatnya pada musim panas 1961.

Ketika itu, Barcelona merekrut striker berkebangsaan Hungaria-Cekoslovakia, Tibor Szalay. Hasilnya cukup baik karena sang pemain sukses mempersembahkan trofi juara Copa del Rey 1962/63. 

Prestasi Szalay barangkali menjadikan Barcelona ketagihan. Selanjutnya, klub kebanggaan masyarakat Catalan itu rutin mengimpor pemain Sevilla, setidaknya satu nama setiap dekade. (lihat grafis)


Editor : Indra Citra Sena
Sumber : Harian BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X