Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Irfan Bachdim Sempat Ingin Pulang ke Indonesia

By Ade Jayadireja - Sabtu, 11 Juli 2015 | 17:00 WIB
Irfan Bachdim
Martinus Bangun/BOLA
Irfan Bachdim

Irfan Bachdim berbagi cerita tentang tahun pertamanya di Jepang yang begitu berat. Pemain Indonesia keturunan Belanda itu mengaku sempat berniat untuk pulang ke Tanah Air.

Irfan memulai debutnya di Negeri Sakura bersama Ventforet Kofu pada 2014. Ia hanya bertahan satu tahun di sana.

Persaingan yang ketat membuat Irfan berpikir untuk meninggalkan Jepang. Namun, setelah mendapat dukungan dari sang istri, Jennifer Bachdim, ia akhirnya batal pulang kampung.

"Tahun pertama di Jepang sangat sulit. Saya sempat berpikir untuk pulang ke Indonesia," kata Irfan dalam wawancara dengan saluran Youtube J-League.

"Akan tetapi, istri dan manajer saya menyarankan untuk bertahan. Mereka bilang bahwa masa depan saya akan lebih baik di sini," imbuh eks penggawa Persema Malang itu.

Lepas dari Ventforet, Bachdim merapat ke Consadole Sapporo. Pada Januari 2015, ia resmi diperkenalkan sebagai pemain anyar klub tersebut.

"Sekarang saya menikmati bermain di Jepang. Saya juga tak lagi berpikir untuk kembali ke Indonesia," tutur Bachdim.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Youtube


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X