Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

10 Fakta Laga Final Serena Vs Muguruza

By Pipit Puspita Rini - Sabtu, 11 Juli 2015 | 11:20 WIB
Petenis Amerika Serikat, Serena Williams, merayakan kemenangan atas petenis Rusia, Maria Sharapova, pada laga semifinal Wimbledon di All England Club, London, Kamis (9/7/2015).
SUZANNE PLUNKETT/AFP PHOTO
Petenis Amerika Serikat, Serena Williams, merayakan kemenangan atas petenis Rusia, Maria Sharapova, pada laga semifinal Wimbledon di All England Club, London, Kamis (9/7/2015).

Sejarah baru akan tercipta dari arena All England Club, London, tempat digelarnya final tunggal putri Wimbledon, antara Serena Williams (AS) dan Garbine Muguruza (Spanyol), Sabtu (11/7/2015).

Jika berhasil menaklukkan Muguruza, Williams akan mencatat "Serena Slam" keduanya. Sementara Muguruza tengah berburu gelar Grand Slam pertamanya sepanjang karier.

Kedua pemain sudah bertemu tiga kali dengan Williams unggul 2-1. Laga final akan berlangsung di Centre Court mulai pukul 14.00 waktu setempat (20.00 WIB).

Berikut ini 10 fakta tentang laga final Williams dan Muguruza.

1. Williams, satu kemenangan menunju "Serena Slam" kedua.
"Serena Slam" pertama didapat Williams setelah menjuarai Prancis Terbuka 2002, Wimbledon 2002, AS Terbuka 2002, dan Australia Terbuka 2003. Petenis 33 tahun tersebut sudah mengantongi gelar juara AS Terbuka 2014, Australia Terbuka 2015, dan Prancis Terbuka 2015. Ini berarti, kemenangan di Wimbledon hari ini akan memastikan "Serena Slam" keduanya.

2. Muguruza berumur empat tahun ketika petenis putri Spanyol terakhir memenangi Grand Slam.
Jika menang, Muguruza akan jadi petenis putri Spanyol pertama yang memenangi Grand Slam sejak Arantxa Sanchez-Vicario menjuarai Prancis Terbuka 1998, atau yang pertama juara di Wimbledon sejak Conchita Martinez pada 1994.

3. Williams akan menjadi juara Grand Slam tertua pada Open Era.
Jika menang, Williams akan menjadi petenis putri tertua yang memenangi Grand Slam pada Open Era, dengan usia 33 tahun 289 hari. Catatan ini melewati Martina Navratilova yang memenangi Wimbledon 1990 di usia 33 tahun 263 hari.

4. Williams akan mencatat gelar Grand Slam ke-21.
Jika menang, Williams akan menambah koleksi gelar Grand Slam-nya menjadi 21, kedua terbanyak baik putra maupun putri pada Open Era, setelah Steffi Graf dengan 22 gelar. Untuk sepanjang sejarah tenis, dia berada di urutan ketiga putra dan putri, yang saat ini masih dipimpin Margaret Court dengan 24 gelar.

5. Muguruza tidak akan menjadi kejutan terbesar jika menjadi juara.
Jika juara, Muguruza yang turun sebagai unggulan ke-20 tidak akan menjadi kejutan terbesar di Wimbledon. Venus Williams meraih gelar keempat dari lima miliknya di Wimbledon pada 2007 dengan status sebagai unggulan ke-23.

6. Muguruza masuk 10 besar dunia setelah Wimbledon.
Dengan menembus final Wimbledon, Muguruza menjadi pemain ke-113, atau keempat dari Spanyol, yang pernah masih Top 10 ranking dunia.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : wta


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X