Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indonesia Turun Lagi, Italia Juga Anjlok

By Firzie A. Idris - Kamis, 9 Juli 2015 | 20:54 WIB
Tim Nasional Indonesia
Suci Rahayu/Juara.net
Tim Nasional Indonesia

Sejak dijatuhi sanksi oleh FIFA, Indonesia tidak bisa lagi menggelar pertandingan internasional resmi. Hal ini tentu akan berdampak pada rangking Tim Garuda di mata FIFA.

Sejak sanksi tersebut dijatuhkan, banyak agenda pertandingan timnas Indonesia harus dibatalkan. Bahkan Tim Garuda tidak diikutsertakan oleh FIFA untuk mengikuti ajang kualifikasi Piala Dunia 2018.

Kondisi ini tentu akan berdampak besar dalam peringkat Indonesia di rangking FIFA. Kini Tim Garuda telah berada di posisi ke-164 dengan 134 poin.

Penurunan rangking Indonesia ini juga dipengaruhi oleh meningkatnya beberapa negara secara drastis. Kyrgistan (posisi 157), Guam (154), dan Turmenistan (152) mengalami peningkatan sebanyak 20 tingkat yang membuat mereka kini berada di atas Tim Garuda.

Seperti Indonesia, Italia juga kini tengah terpukul. Seperti dikutip dari Football Italia, Gli Azzurri kini berada posisi ke-17 atau tempat terendah mereka sejak FIFA memperkenalkan sistem rangking bagi negara-negara anggotanya.

Hal ini dikarenakan Italia hanya mampu memenangi satu dari lima pertandingan internasional terakhir mereka, yaitu kala menghadapi Albania di laga persahabatan, medio November lalu. Sedangkan, dalam empat pertandingan pertama Azzurri di 2015, tim arahan Antonio Conte itu hanya meraih tiga hasil imbang atas Bulgaria, Inggris, dan Kroasia, serta kalah satu kali dari Portugal.

Posisi terendah Italia sebelumnya adalah 16, setelah keterpurukan mereka di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Sementara itu, titik tinggi Azzurri adalah posisi pertama pada Januari 2007, dan April-Juni 2007, setelah mereka berhasil memboyong trofi Piala Dunia 2006.

Sedangkan saat ini, posisi pertama di rangking FIFA ditempati oleh Argentina. Albiceleste sukses menggeser Jerman dan Belgia, meski gagal menjadi juara di Copa America 2015.


Editor : Verdi Hendrawan
Sumber : Fifa.com, Football Italia


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X