Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Agenda Timnas Berimbas pada Gelaran Copa

By Caesar Sardi - Senin, 18 Mei 2015 | 11:42 WIB
Semifinal dan final Copa akan digelar pada Januari 2008.
Dok. BOLA
Semifinal dan final Copa akan digelar pada Januari 2008.

Agenda timnas yang cukup padat menjelang akhir tahun 2008 juga membawa dampak pada gelaran Copa Dji Sam Soe. Sejumlah jadwal pertandingan babak 16 besar Copa mundur karena menyesuaikan jadwal timnas.

Satu tim yang sudah pasti mendapat keringanan pengunduran jadwal adalah Pelita Jaya Purwakarta. Lantaran Dian Agus, Ardan Aras, dan Andik Ardiansyah bergabung dalam pelatnas timnas U-23, yang berlatih di Argentina, jadwal pertandingan Pelita saat menjamu Persijap otomatis mundur.

“Jika ada pergeseran satu pertandingan saja, akan ada penumpukan di jadwal pertandingan yang lain. Padahal, semua pertandingan rencananya akan disiarkan secara langsung. Dampaknya seluruh jadwal akhirnya ikut berubah,” jelas Joko Driyono, Direktur Eksekutif BLI.

Tim lain yang mengajukan pengunduran jadwal adalah Persija. Tim Macan Kemayoran melepas Atep dan M. Robi ke timnas U-23 serta Ramdani Lestaluhu ke timnas U-19. Persija akan bentrok dalam partai big match lawan PSM di babak 16 besar.

Sebagai gambaran, di jadwal awal Persija menjamu PSM di leg pertama pada 25 Oktober, sedang leg kedua digelar di Makassar pada 28 Oktober. Dalam jadwal terbaru, leg kedua digelar 30 Oktober.

“Kami punya waktu untuk melakukan persiapan selama enam hari sebelum pertandingan leg kedua lawan PSM. Pemain jadi memiliki waktu lebih untuk recovery,” kata asisten manajer Persija, Barry Sihotang.

“Pemenang babak 16 besar akan diundi sekali lagi pada 7 November untuk menentukan lawan di babak 8 besar. Saat itu sudah akan terlihat rute menuju semifinal dan final dan siapa calon lawannya jika tim terus lolos,” jelas Joko.

Awalnya Copa Dji Sam Soe akan mementaskan babak puncak pada 28 Desember. Namun, karena agenda timnas, babak semifinal dan final akan digelar pada Januari 2008.

(Penulis: Erwin Fitriansyah)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : BOLA Edisi No. 1.763, Selasa 2 Oktober 2007


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X