Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: 29 Gol, Lima Kartu Merah Warnai Boxing Day

By Caesar Sardi - Kamis, 9 Juli 2015 | 05:00 WIB
Wayne Rooney kembali tajam untuk angkat United.
Matthew Lewis/Getty Images
Wayne Rooney kembali tajam untuk angkat United.

Boxing day 2007 merupakan pesta sepakbola bagi warga Inggris di tengah kehangatan suasana Natal. Meski suhu enam derajat di bawah nol celcius menusuk ke tulang, 29 gol dan lima kartu merah pada sembilan laga di Rabu (26/12) telah membuat Premier League menjadi hangat.

Daily Mirror berseloroh bahwa tingginya jumlah pengusiran pemain di pertengahan pekan ini adalah pertanda mereka meminta libur alias winter break. Ya, jangan-jangan mereka sengaja melakukan pelanggaran keras pengundang kartu merah demi beroleh “rehat” di tiga laga berikutnya. Benarkah?

Yang pasti selain usaha menyasar posisi prestisius di pertengahan musim, banjir gol dalam laga Chelsea versus Aston Villa di Stamford Bridge cukup memperlihatkan semangat para pemain tidak menyusut oleh padatnya jadwal. Skor 4-4 disertai tiga kartu merah, dua untuk pemain tuan rumah, memang jadi fakta yang tidak terbantahkan.

The Blues, yang sempat tertinggal 0-2 karena kombinasi gebrakan Shaun Maloney dan blunder Petr Cech, sempat menyamakan skor dan berbalik unggul berkat kepiawaian Andriy Shevchenko.

Sheva mencetak dua gol, satu lewat titik putih dan satu lagi melalui sepakan dari luar kotak penalti. Ia pun memberi assist pada bek tengah Alex, yang membantu serangan. Skor 3-2 pada menit ke-66 itu tidak bertahan lama karena Martin Laursen enam menit kemudian mempecundangi Cech setelah menerima umpan tendangan bebas Ashley Young.

Nama terakhir ini bahkan sempat jadi tumbal perlawanan The Villans karena kemudian terkapar diterjang Ricardo Carvalho dengan dua kaki. Carva pun diusir menyusul Zat Knight, yang mendorong Michael Ballack dalam kotak penalti di babak pertama.

Keunggulan 4-3 Chelsea kembali mentah ketika Ashley Cole dianggap wasit Phil Dowd menghalau bola di garis gawang dengan tangan. Cole diusir dan Gareth Barry bisa menjadi algojo penalti di injury time!

United Salip Arsenal

Sementara itu, status pencetak gol terbanyak kian mantap digenggam Cristiano Ronaldo (12), yang mencetak satu gol tambahan di Sunderland (4-0). Uniknya, Fergie justru memuji Wayne Rooney, yang membuka kemenangan lewat gol individual pada menit ke-20.

“Ini gol pertamanya dalam enam pertandingan terakhir. Saya yakin produktivitasnya akan kembali,” sergah the Scotman seusai laga.

Hasil ini praktis membuat United menjadi league leader di pekan ke-19 dengan nilai 45 karena dua jam setelahnya Arsenal tertahan 0-0 di kandang Portsmouth, Fratton Park, sehingga hanya mengumpulkan 44 poin.

Meski unggul penguasaan bola, usaha Gunners dimandulkan agilitas kiper David James, yang tiga kali melakukan penyelamatan krusial! Kedudukan ini membuat banyak pundit yakin United tetap memimpin klasemen pada tahun baru 2008.

(Penulis: Darojatun)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : BOLA Edisi No. 1.787, Jumat 28 Desember 2007


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X