Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Keyakinan Moratti Sedang Diuji

By Caesar Sardi - Rabu, 8 Juli 2015 | 21:44 WIB
Massimo Moratti.
Nico CasaMassima/AFP
Massimo Moratti.

Jumlah pemain Inter yang cedera bertambah. Bek Walter Samuel mungkin absen sampai akhir musim setelah cedera lutut pada derby Milano Ahad lalu. Fakta ini dapat membuat presiden klub, Massimo Moratti, berubah pikiran.

Sebelum pekan lalu, Moratti mengatakan Inter tidak perlu mendatangkan pemain baru pada calciomercato II Januari mendatang. Dasar sang presiden, I Nerazzurri tetap oke meski tanpa gelandang Luis Figo, Patrick Vieira, Dejan Stankovic, dan Olivier Dacourt karena cedera.

Tanpa mereka, Inter menjadi juara musim dingin. Hal ini tak lepas dari keputusan pelatih Roberto Mancini memainkan bek Cristian Chivu sebagai gelandang. Sebelumnya Mancio memasang bek Javier Zanetti di tengah.

Akan tetapi, cedera yang dialami Samuel dapat membuat Chivu tak mungkin dinaikkan ke tengah. Untuk keseimbangan tim, harus ada nama lain setelah Ivan Cordoba, Marco Materazzi, dan Nicolas Burdisso di pos bek tengah.

Kalau Chivu bermain sebagai bek, Inter akan kekurangan pemain di tengah. Vieira dan Figo segera tampil, tapi belum diketahui kapan pastinya. Jika mesti menjalani operasi, Stankovic absen tiga bulan.

Inter segera memasuki fase penting musim ini, seperti bertemu Liverpool di 16 besar Liga Champion. La Beneamata tidak dapat terus mengandalkan Cambiasso dan Zanetti. Sementara itu, Vieira dan Figo masih tanda tanya, Luis Jimenez mudah cedera, dan Pele minim pengalaman.

Mancini akan berbicara dengan Direktur Sport Marco Branca pada awal Januari. Posisi Mancio jelas, yakni ingin pembelian pada mercato II. Mampukah Branca mengubah keyakinan Moratti untuk tidak membeli pemain di mercato II?

Maresca-Barone-Volpi

Setelah Samuel cedera, media-media di Italia semakin kencang memberitakan kemungkinan Inter mendatangkan gelandang. Ada beberapa nama yang dikaitkan dengan Inter.

Yang paling sering diberitakan adalah Enzo Maresca dari Sevilla. Ia orang Italia. Jadi, proses adaptasi tak memakan waktu lama jika si gelandang digaet. Hanya, Maresca tak mungkin bermain di Liga Champion karena sudah bermain untuk Sevilla, yang juga masuk 16 besar.

Nama lain adalah gelandang incaran lama Inter, yakni Simone Barone dari Torino. Permainan anggota tim Italia saat menjuarai Piala Dunia 2006 itu sedang  bagus. Dari Il Toro juga muncul nama Paolo Zanetti.

Para asisten Mancini dikabarkan mengajukan nama gelandang Sampdoria, Sergio Volpi. Kehadiran pemain berusia 33 tahun ini bakal sangat berguna untuk La Beneamata mengingat ia kenyang pengalaman.

Dari Spanyol, harian olahraga Marca mengklaim Inter berminat pada gelandang Atletico Madrid, Maniche. Pemain timnas Portugal ini dikabarkan sedang mengalami konflik dengan klubnya setelah menolak dimainkan di Copa del Rey.

Gelandang lain yang dikaitkan dengan Inter adalah Fabio Simplicio dari Palermo. Soal isu pemain asal Brasil ini, bos Palermo, Maurizio Zamparini, membantah.

Nama gelandang Manchester City, Elano, juga terus dihubungkan dengan Inter. La Beneamata sudah mengaku tertarik pada pemain yang bakal dijadikan sebagai pengganti Figo pada musim mendatang itu.

(Penulis: Riemantono)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : BOLA Edisi No. 1.787, Jumat 28 Desember 2007


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X