Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Conte Keluhkan Minimnya Pemain Italia di Serie A

By Wisnu Nova Wistowo - Sabtu, 11 Juli 2015 | 03:02 WIB
Antonio Conte dalam suatu laga bersama timnas Italia
Marcello Paternostro/Getty Images
Antonio Conte dalam suatu laga bersama timnas Italia

Prestasi Instan. Ya, itulah yang kini banyak membuat klub-klub Serie A terus mendatangkan pemain berkualitas dari luar Italia. Para pemain asing itu tentu membuat talenta pemain muda lokal asli Italia begitu jarang mendapatkan kesempatan tampil di level tinggi seperti Serie A.

Hal tersebut dikeluhkan oleh Antonio Conte. Pelatih kepala timnas Italia itu mengaku sangat kesulitan memilih pemain yang kompetitif di level timnas karena sedikitnya pilihan yang tersedia. Tentu saja itu membuat khawatir mantan pelatih Juventus itu akan masa depan Azzurri.

“Kekhawatiran saya jelang kualifikasi Piala Dunia 2022 adalah jumlah pemain asing yang terus berubah. Perubahan itu terjadi sejak 2006, saat Marcello Lippi memenangi Piala Dunia,” jelas Conte tentang banyaknya pemain asing di Serie A, kepada Gazzetta della Sud.

Conte bahkan mempunyai data tentang pertumbuhan pemain asing di Serie A. Kini, saat dirinya menjabat sebagai pelatih, Conte hanya punya pilihan 33 pemain Italia dari 100 pemain yang ada di Serie A. Tentu saja, minimnya pilihan itu membuat Conte kesulitan membentuk tim.

“Dulu pada 2006, Marcello Lippi memiliki kemungkinan memilih 61-62 pemain Italia dari total 100 pemain. Kini pilihan sudah berkurang menjadi 33 pemain Italia dari 100,” lanjut Conte tentang kesulitan yang ia temui di timnas Italia.

“Ini masalah nyata dan berbahaya yang sedang dihadapi Italia. Ini akan sulit bagi Italia menjadi kompetitif jika hanya punya 33 persen dari pilihan pemain yang tersedia,” tandasnya.

Saat ini kompetisi Serie A memang banyak dibanjiri pemain asing. Ingin cepat datangnya prestasi plus kekuatan finansial yang tak sekuat Premier League, membuat klub-klub Serie A banyak berburu pemain asing yang cukup terjangkau harganya ketimbang membeli pemain muda lokal yang belum terbukti kemampuannya di level Serie A.


Editor : Gerry Putra
Sumber : Gazzetta della Sud


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X