Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bukti Kelayakan Hazard sebagai Pemain Terbaik

By Andrew Sihombing - Senin, 27 April 2015 | 16:09 WIB
Eden Hazard
Getty Images
Eden Hazard

Eden Hazard akhirnya terpilih sebagai Pesepak Bola Terbaik Liga Inggris 2014/15. Gelar individu tersebut tak pelak melambangkan perkembangan konsisten gelandang milik klub Chelsea ini mengingat ia didaulat sebagai Pesepak Bola Muda Terbaik Liga Premier musim lalu.

Hazard menghiasi performanya sepanjang musim ini dengan mencetak 13 gol dan delapan assist bagi The Blues di kompetisi domestik. Namun, ada beberapa catatan statistik lain yang membuat ESPN menyebut eks Lille ini memang layak terpilih sebagai yang terbaik, yakni:

1. Hazard mungkin hanya melepas delapan assist (peringkat keempat di daftar pemberi assist), tapi dia ada di urutan pertama daftar pemain yang paling banyak menciptakan peluang (86 operan yang berujung pada tembakan ke gawang lawan). Sebanyak 85 peluang di antaranya dibuat dari situasi open-play.

2. Total 85 kesempatan yang diciptakannya lewat situasi open-play tersebut lebih banyak 10 buah dari torehan Lionel Messi dan 23 kesempatan lebih banyak dibandingkan Cristiano Ronaldo. Sepanjang tiga musim memperkuat Chelsea, Hazard tercatat sudah menciptakan 237 chances dari open-play alias yang terbanyak di lima kompetisi paling elite Eropa.

3. Sulit membantah dahsyatnya gocekan Hazard. Bintang Chelsea ini sudah 155 kali berhasil menggiring bola melewati lawan di musim 2014/15. Itulah jumlah terbanyak di Eropa musim ini dan lebih banyak empat kali dibanding Lionel Messi. Total 155 dribel sukses itu merupakan 61 persen dari total upayanya sepanjang 2014/15.

4. Hazard mungkin bisa digolongkan sebagai pemain tahan banting. Ia sudah 100 kali dilanggar oleh pemain lawan di Premier League musim ini. Namun, hal itu tak sampai membuatnya sering absen akibat cedera. Hazard justru merupakan pemain Chelsea dengan jumlah penampilan terbanyak dengan tampil di 47 dari total 47 duel klub musim ini. Bersama John Terry dan Branislav Ivanovic, Hazard merupakan pemain Chelsea yang selalu menjadi starter dalam 22 duel Liga Premier.

5. Hazard merupakan eksekutor penalti andal. Ia tak pernah gagal mencetak gol dari titik penalti di Liga Prancis dan Liga Inggris bersama Lille serta Chelsea. Khusus bersama The Blues, ia berhasil mengonversi 14 dari total 16 eksekusi penalti di semua ajang.


Editor : Andrew Sihombing
Sumber : ESPN


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X