Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Selain Bachdim, Ini Dia Pemain ASEAN di J-League

By Firzie A. Idris - Minggu, 28 Juni 2015 | 18:30 WIB
Irfan Bachdim saat berkostum Ventforet Kofu.
Dok.BOLA
Irfan Bachdim saat berkostum Ventforet Kofu.

Meski sering membuka peluang trial, J-League adalah kompetisi profesional Jepang yang tidak mudah ditaklukkan oleh pemain Asia Tenggara.

Klub-klub J-1, J-2, dan J-3 lebih banyak mengontrak pemain asal Korea Selatan dan Korea Utara.

Musim ini, dari tiga level kompetisi pro hanya ada empat pemain Asia Tenggara, termasuk Irfan Bachdim. Mereka memperkuat klub J-2 dan J-3. Ada pula yang sedang dipinjamkan ke klub amatir.

Bachdim telah memperkuat bermain di Jepang sejak 2014 bersama Ventforet Kofu. Musim ini dia dikontrak klub J-2 Consadole Sapporo. Jam terbangnya di negeri Matahari Terbit pun tergolong minim. Musim ini ia baru bermain 70 menit secara total dari partisipasinya selama empat pertandingan sebagai pemain cadangan.

Tiga pemain Asia Tenggara lain adalah gelandang lincah asal Malaysia, Tam Sheang Tsung. Ia baru berusia 20 tahun dan saat ini memperkuat Kataller Toyama (J-3). Meski berpaspor Malaysia, Tam lahir di Tokyo.

Dua pemain lain berpaspor Timor Leste. Mereka adalah Murilo de Almeida, berusia 26 tahun dan saat ini memperkuat klub J-3, AC Nagano Parceiro.

Musim lalu, Murilo dikontrak klub J-2, Oita Trinita. Rekan Murilo adalah Fellipe dos Santos (24) di Oita Trinita. Saat ini dipinjamkan ke Verspah Oita, klub amatir level 1. Murilo dan Fellipe merupakan pemain yang dinaturalisasi Timor Leste dari Brasil.


Editor : Wiwig Prayugi
Sumber : J-League


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X