Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Haryanto: Kemenangan Kedua Ini Luar Biasa

By Firzie A. Idris - Minggu, 21 Juni 2015 | 18:13 WIB
Indonesia Raya berkumandang di Spielberg, Austria, pada ajang Sprint Race GP2, Minggu (21/6)
GP2 Series
Indonesia Raya berkumandang di Spielberg, Austria, pada ajang Sprint Race GP2, Minggu (21/6)

Rio Haryanto kembali membawa kebanggaan bagi Merah Putih kala ia memenangi sprint race GP2 Series di Sirkuit Red Bull, Spielberg, Minggu (21/6). Berikut adalah petikan wawancara sang pebalap dengan situs resmi GP2.

Satu-satunya pebalap Indonesia yang berlaga di ajang GP2 Series tersebut merebut podium juara dalam ajang GP2 Series Austria, yang digelar di Sirkuit Red Bull, Spielberg pada 20-21 Juni. Pemuda yang membela tim Campos Racing ini berbagi ceritanya kepada situs resmi GP2 Series setelah perlombaan:

Situs GP2: Rio, kemenangan kedua bagi Anda di ajang ini. Anda dalam tekanan sepanjang perlombaan dari Artem Markelov dan kemudian Stroffel Vandoorne. Bagaimana mobil Anda?

Rio Haryanto: Sangat sulit, apalagi jika melihat di kualifikasi bahwa perbedaan performa antara mobil-mobil kami sangat kecil. Sepanjang lomba, perbedaannya masih kecil dan saya pikir orang-orang di belakang saya lebih mudah mengejar dengan DRS.

Ini adalah momen tersulit perlombaan karena saya mencoba mengurangi gap di sektor 2 dan mereka lalu mengejar saya di sektor 1 dan 3. Sulit, tapi saya berusaha semampu saya dan tampil tanpa kesalahan.

Pada satu titik Markelov berusaha menyalip saya pada tikungan 3. Saya berusaha menghindar tapi kami melakukan kontak dan sayap depan saya rusak. Setelah itu, mobil mengalami under steer. Saya tidak menyerah dan terus berusaha sebaik mungkin. Luar biasa rasanya mendapat kemenangan kedua ini.

GP2: Anda bangkit setelah ronde tanpa poin di GP Monaco...

Rio: Ya, Monaco sangat sulit. Kami mengalami situasi perlombaan menit akhir. Saya keluar dengan ban licin di kualifikasi dan hujan turun ketika saya keluar dari jalur pit. Kondisi lalu terasa berat dan saya harus pit untuk ganti ban basah. Saya kehilangan 2 atau 3 lap pada saat  itu. Saya kesulitan menaikkan temperatur di ban. Pada feature race, saya mulai dari belakang dan tak bisa berbuat banyak karena ini adalah Monaco. Sulit sekali menyalip. Oleh karena itu, senang sekali saya bisa kembali ke podium hari ini.

GP2: Apa target Anda di ronde berikut di Silverstone?

Rio: Silverstone adalah salah satu trek tersulit bagi roda. Saya dapat finis peringkat kedua pada sprint race dua tahun lalu jadi saya menantikan balapan nanti. Saya pikir kami punya kesempatan bagus untuk mencetak poin bagus di sana...


Editor : Firzie A. Idris
Sumber :


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X