Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klub ini Juga Bangkrut dan Turun ke Liga Amatir

By Suryo Wahono - Jumat, 26 Juni 2015 | 06:12 WIB
CSKA Sofia, dari klub profesional terpopuler di Bulgaria menjadi klub amatir.
HaXb0x/DArt
CSKA Sofia, dari klub profesional terpopuler di Bulgaria menjadi klub amatir.

satunya klub profesional yang turun ke liga amatir musim ini. CSKA Sofia (Bulgaria) baru baru ini juga kehilangan lisensi profesional lantaran tak bisa menutup utang.

CSKA Sofia adalah salah satu klub Bulgaria paling populer. Mereka telah memenangi 31 gelar liga, tetapi beberapa tahun belakangan didera krisis keuangan parah setelah dijual oleh Vasil Bozhkov pada 2006. Sejak saat itu, klub rival Lokomotiv Sofia itu sering berganti pemilik dan pelatih, selain sudah terancam kehilangan lisensi profesional sejak 2013.

Kini, setelah dipaksa terdegradasi ke liga amatir, manajemen klub berniat melelang sejumlah aset untuk menggalang dana, antara nama klub, logo, dan merek dagang.

Itu adalah inisiatif Badan Pendapatan Nasional Bulgaria (badan perpajakan) untuk membantu CSKA Sofia untuk mendapat solusi, setidaknya mampu membayar sebagian kewajiban. Klub sepak bola ini berutang pajak sebesar 5,5 juta euro, jumlah yang telah berkembang selama beberapa tahun terakhir.

Kendati begitu, harapan untuk membangun kembali masih ada. Beberapa hari yang lalu, orang terkaya dan mantan pemilik CSKA, Vasil Bozhkov mengatakan hendak mengambil alih kembali pengelolaan klub, tetapi tetap akan memulai dari liga amatir.

Untuk melaksanakan niatnya itu, Bozhkov boleh membeli lewat entitas bisnis baru. Bozhkov juga bisa mengikuti lelang untuk membeli nama dan logo otentik CSKA guna membangun kembali klub. Ini mungkin solusi lebih murah ketimbang mempertahankan merek dagang lama dan melunasi seluruh utang CSKA.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X