Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ratu Sepak Bola Jepang Pasrah Serahkan Tahta

By Ade Jayadireja - Rabu, 24 Juni 2015 | 12:41 WIB
Homare Sawa
Getty Images
Homare Sawa

Kehidupan selalu berputar bak sebuah roda. Peribahasa tersebut cocok untuk menggambarkan kondisi legenda sepak bola wanita Jepang, Homare Sawa.

Sawa menjabat kapten ketika Jepang menjuarai Piala Dunia Wanita 2011. Tampil begitu gemilang di sepanjang kompetisi, ia lantas menggondol sepatu emas dan bola emas.

Namun, keadaan berubah di PD Wanita 2015. Sawa bukan lagi pemimpin tim karena ban kapten sudah diambil alih oleh Aya Miyama. Wanita berusia 37 tahun itu pun tak lagi memegang peranan terlalu penting di Nadeshiko.

Sawa mengaku rela melepas jabatan kapten ke Miyama. Ia sadar bahwa timnya butuh perubahan untuk menjadi lebih baik.

"Sekarang Aya memikul tanggung jawab untuk membuat tim lebih baik. Transisi mulus adalah bagian dari sepak bola Jepang dan saya pikir itu hal yang besar," tutur Sawa.

Lebih lanjut, Sawa berjanji bakal mengeluarkan kemampuan terbaik pada PD 2015. Sebab, ini bakal menjadi turnamen terakhirnya.

"Iya, ini Piala Dunia terakhir saya," kata peraih Ballon d'Or 2011 itu.


Editor : Ade Jayadireja
Sumber : Fifa.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X