Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Fakta Pahit dan Jalan Manis Del Piero

By Caesar Sardi - Rabu, 24 Juni 2015 | 16:06 WIB
Alessandro Del Piero, jadi pengganti yang hebat.
Michael Steele/Getty Images
Alessandro Del Piero, jadi pengganti yang hebat.

Harian La Gazzetta dello Sport pada Selasa lalu menulis Alessandro Del Piero secara resmi menjadi pilihan kedua di Juventus. Sebabnya dalam dua giornata terakhir ia tidak menjadi starter. Itu fakta pahit buat sang kapten Juve, tapi juga dapat menjadi jalan menuju Euro 2008.

Dalam dua pertandingan terakhir Juventus di Serie A, pelatih Claudio Ranieri baru memainkan Del Piero pada pertengahan babak kedua. Penyerang yang akrab disapa Alex itu selalu menggantikan Vincenzo Iaquinta. Bomber lain yang menjadi starter adalah David Trezeguet.

Saat melawan Palermo (25/11), Del Piero bermain sejak menit ke-67. Dalam sisa 23 menit pertandingan, Il Pinturicchio mencetak dua gol dan membuat satu assist. Setelah pertandingan, media-media di Italia menulis Del Piero sebagai supersub atau pemain pengganti super.

Mungkin saja karena hal tersebut Ranieri baru memainkan Alex pada menit ke-71 dalam partai besar melawan Milan (1/12). Sayang penyerang berusia 33 tahun itu gagal kembali menunjukkan sentuhan emas.

Del Piero dapat memanfaatkan kenyataan menjadi cadangan untuk kembali masuk tim Italia dan mengikuti Euro 2008. Pelatih Roberto Donadoni tentu akan mempertimbangkan faktor Del Piero sebagai supersub.

Pada Euro, Donadoni bisa menurunkan pemain Juve sejak 1993 itu saat Gli Azzurri buntu menembus pertahanan Belanda, Rumania, dan Prancis. Alex sudah punya nama sebagai pengganti super di timnas. Ingat saat Italia menyingkirkan Jerman di semifinal Piala Dunia 2006?

Pelatih La Nazionale saat itu, Marcello Lippi, baru memainkan Del Piero pada menit ke-104. Saat itu skor 0-0. Pada menit ke-119, Italia unggul 1-0 lewat sepakan Fabio Grosso. Gol itu berawal dari sepak pojok Alex. Dua menit kemudian, il capitano Juve ini menambah keunggulan Azzurri menjadi 2-0.

Sebelum Piala Dunia 2006, di Juve Del Piero juga sering jadi nomor dua setelah Trezeguet dan Zlatan Ibrahimovic. Jadi, bukan hal buruk buat Alex dijadikan cadangan oleh Ranieri sepanjang kemudian ia dapat mengubah jalan pertandingan. Ini jalan buat Alex untuk kembali dipanggil Donadoni.

Donadoni tidak memanggil Del Piero dalam lima laga terakhir Italia. Hal itu terjadi setelah penyerang dengan catatan 85 kali berbaju Azzurri itu menyatakan tak mau bermain di timnas kalau dipasang sebagai gelandang. Il Pinturicchio menginginkan posisi penyerang pendukung.

(Penulis: Riemantono)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Jumat 7 Desember 2007, BOLA Edisi No. 1.781


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X