Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Eden Hazard Pendribel Terbaik, Ronaldo ke-139

By Tulus Muliawan - Sabtu, 13 Juni 2015 | 09:18 WIB
Eden Hazard, penggiring bola tersukses di Eropa.
Getty Images
Eden Hazard, penggiring bola tersukses di Eropa.

Soal operan, Lionel Mesi adalah yang terbaik pada musim 2015/15. Di bawahnya ada Cristiano Ronaldo, Arjen Robben, Neymar, lalu Eden Hazard. Tapi, soal siapa pendribel tersukses, jawara di musim yang sama ternyata Eden Hazard.

Menurut statistik WhoScored, peraih pemain terbaik PFA itu adalah penggiring bola terbaik di liga-liga besar Eropa. Gelandang sayap asal Belgia tersebut membuat 4,8 giringan per laga, beda 0,1 di atas pesaing terdekatnya, yaitu Karim Bellarabi (4,7).

Sementara itu, Lionel Messi menduduki peringkat ketiga dalam daftar ini dengan tingkat kesuksesan 4,6 giringingan per laga. Salah satu kejutan kriteria terbaik dalam hal menggiring bola tentu adalah pemain Bayer Leverkusen tersebut.

Bagaimana dengan Cristiano Ronaldo?

Menurut daftar dribel, dia bahkan tak cukup bagus untuk masuk dalam 10 besar. Sangat mengejutkan bahwa bintang Real Madrid itu hanya di peringkat ke-139. Menurut statistik, Ronaldo telah membuat 1,5 giring per game dalam 35 pertandingan.

Boleh jadi data itu menunjukkan bahwa peran Ronaldo di Real Madrid kini telah jauh berubah, dari pemain sayap serang menjadi pemburu gol. Pada awal kariernya, Ronaldo dikenal sebagai pemain sayap yang mengandalkan kecepatan dan mahir melakukan trik mengolah bola, tapi beberapa tahun terakhir gaya bermainnya berubah.

Ronaldo kini lebih banyak beroperasi di area kotak penalti, mencoba membuat penyelesaian akhir.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : Whoscored


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X