Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Roma Hebat Tanpa Totti

By Caesar Sardi - Selasa, 23 Juni 2015 | 10:00 WIB
Francesco Totti.
Alberto Pizzoli/AFP
Francesco Totti.

Francesco Totti adalah simbol Roma. Sang kapten adalah segalanya untuk I Lupi. Tapi, bukan berarti I Giallorossi tidak dapat berbuat banyak tanpa kehadiran penyerang berusia 31 tahun itu.

Roma tidak pernah kalah sejak Totti absen karena cedera engkel pada 23 Oktober dalam laga Liga Champion kontra Sporting. Termasuk melawan Sporting, pasukan Luciano Spalletti enam kali menang dan dua kali seri.

Berikut hasil Roma bermain tanpa il capitano: Sporting (K) 2-1, Milan (T) 1-0, Lazio (K) 3-2, Empoli (T) 2-2, Sporting (T) 2-2, Genoa (T) 1-0, Dynamo Kyiv (T) 3-1, dan Udinese (K) 2-1.

Dalam pertandingan melawan Udinese, Minggu (2/12), Totti sudah masuk tim. Sang kapten hanya duduk di bangku cadangan sepanjang pertandingan. Totti sangat mungkin bermain kembali pada Rabu (5/12) saat I Lupi menjalani partai tunda giornata 12 melawan Cagliari di Olimpico.

Rekor Milan

Pada Sabtu (1/12), tabu San Siro masih dialami Milan. I Rossoneri seri 0-0 dengan Juventus. Ditambah dengan dua pertandingan kandang terakhir musim lalu, Il Diavolo tidak pernah menang dalam sembilan laga Serie A di San Siro. Catatan tersebut menjadi rekor dalam sejarah Milan.

“Statistik menyatakan bahwa kami tidak cukup sering mencetak gol di kandang,” kata pelatih Milan, Carlo Ancelotti, di Datasport.

Dalam sembilan partai terakhir Serie A di kandang, Milan hanya mencetak lima gol. Dua di antaranya terjadi pada musim lalu, yakni saat takluk 2-3 dari Udinese. Dalam sembilan laga itu, Rossoneri mencatat hasil enam kali seri dan tiga kali kalah.

Sulit mencetak gol dan meraih kemenangan di kandang jelas sebuah ironi untuk Milan karena klub ini bergelar juara Eropa dan punya banyak pemain hebat. Bahkan salah satunya baru saja dinobatkan sebagai peraih Ballon d’Or, trofi untuk peraih gelar pemain terbaik dunia versi France Football.

(Penulis: Riemantono)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Selasa 4 Desember 2007, BOLA Edisi No. 1.780


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X