Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Madrid Siap Jual Pemain Besar-besaran

By Caesar Sardi - Jumat, 19 Juni 2015 | 15:32 WIB
Roberto Soldado dan Royston Drenthe, masuk kandidat yang akan dijual.
Denis Doyle/Jasper Juinen/Getty Images
Roberto Soldado dan Royston Drenthe, masuk kandidat yang akan dijual.

besaran” ini tentu cukup membuat mata publik terbelalak.

Jika hanya satu atau dua pemain yang dilepas pada transfer window II, mungkin tidak terlalu mengejutkan. Tapi, merencanakan gran operacion berupa penjualan sampai enam jugador, sesuai dengan berita yang dilansir Marca, langkah Madrid tergolong sangat berani.

Apalagi sextet yang dimaksud adalah Jerzy Dudek, Julio Baptista, Javier Saviola, Roberto Soldado, Royston Drenthe, dan Mahamadou Diarra. Memang kontribusi mereka terbilang minim, tapi sumbangsih kecil ini masih bisa mengantar El Real ke tangga atas Primera dan Liga Champion.

Okelah, dalam kasus Dudek dan Saviola, Madrid tidak terlalu boncos karena keduanya diambil secara gratis lewat kebijakan Bosman awal musim ini. Untuk Soldado? Kerugian material yang ditimbulkan bisa tak terhitung mengingat ia dididik sejak masuk akademi Madrid.

Ini belum seberapa. Tiga nama berikut, Baptista, Diarra, dan Drenthe, dibeli dengan total nilai nominal 40,33 juta pound (sekitar 783,5 miliar rupiah). Andaikan terjual pun, bisa dipastikan total pemasukan Madrid untuk trio ini tak akan mendekati angka tersebut.

Ogah Cabut

Meski Madrid telah mengeluarkan pernyataan sikap yang tegas, keenam pemain ini dikabarkan ogah cabut. Bagi mereka, bangku cadangan Santiago Bernabeu dianggap lebih oke ketimbang harus keluar. Apes bagi mereka. Madrid sudah menyiapkan 15 juta pound untuk membeli pemain anyar.

Dengan asumsi ada tambahan dana dari penjualan keenam pemain tadi, Madrid siap menggiring David Silva dari Valencia. Mengingat buy-out clause yang dipatok El Che untuk Silva adalah 40 juta pound, berarti Si Putih harus menombok sisa sebesar 25 juta pound.

Lantas siapa korban yang bakal mendapat dorongan lebih besar menuju pintu keluar? Menurut Roberto Gomez, jurnalis ternama Spanyol keturunan Meksiko yang selalu mengikuti perkembangan Madrid, Soldado dan Drenthe berada di tangga teratas dalam daftar jual.

Ironisnya hingga detik ini belum ada klub yang serius melakukan pendekatan. Malah Saviola yang disebut-sebut tengah didekati Juventus. Konon La Vecchia Signora siap menggaet El Conejo pada bulan Januari nanti.

Hanya, Juve baru sebatas ingin meminjam hingga akhir musim dengan opsi pembelian penuh di musim berikut. Artinya Madrid tetap harus melakoni aksi jual guna mencari sisa 25 juta! Well, selamat berjualan, Madrid!

(Penulis: Sapto Haryo Rajasa)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Jumat 30 November 2007, BOLA Edisi No. 1.779


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X