Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pemain Naturalisasi Cuma Unggul di Liga Indonesia

By Riemantono Harsojo - Minggu, 29 Maret 2015 | 20:36 WIB
Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir diperkuat pemain naturalisasi, salah satunya Raphael Maitimo (kiri) dan Victor Igbonefo (kanan)
Suci Rahayu
Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir diperkuat pemain naturalisasi, salah satunya Raphael Maitimo (kiri) dan Victor Igbonefo (kanan)

Ada beberapa alasan kenapa mantan kapten tim nasional Indonesia, Berti Tutuarima, menyarankan agar program naturalisasi di timnas dihentikan. Selain karena harus lebih dulu memprioritaskan pemain lokal, alasan lain adalah kualitas pemain naturalisasi.

Berti menyebut pemain-pemain naturalisasi yang dipakai timnas tidak bisa banyak membantu menaikkan prestasi timnas. Kapten timnas saat mencapai semifinal Asian Games 1986 itu berkata para pemain naturalisasi di timnas hanya unggul ketika main di liga Indonesia.


"Sebagian besar pemain yang dinaturalisasi sudah tua. Sebagai contoh Greg Nwokolo (29 tahun). Pemain-pemain naturalisasi hanya unggul ketika main di liga lokal," kata Berti.


"Melawan para pemain di sini di liga, mereka masih lebih cepat, tetapi ketika bermain melawan pemain-pemain nasional dari luar negeri, kecepatan dan kegesitan mereka sudah bukan menjadi keunggulan lagi," tutur pemain yang ikut mengantar Indonesia meraih medali perak SEA Games 1979 itu.

    
Pada laga uji coba Indonesia kontra Myanmar, Senin 30 Maret ini di Sidoarjo, kemungkinan besar ada satu lagi pemain natularisasi yang melakukan debut timnas. Pemain itu adalah bek Persipura berusia 30 tahun, Bio Paulin Pierre, yang baru beberapa hari lalu disumpah menjadi WNI.


Sebelumnya timnas sudah memainkan para pemain naturalisasi, di antaranya adalah Cristian Gonzales (38 tahun), Greg Nwokolo (29 tahun), Raphael Maitimo (31 tahun), Victor Igbonefo (29 tahun), Jhon van Beukering (31 tahun), Diego Michiels (24 tahun), dan Tonnie Cussel (32 tahun).


Editor : Riemantono Harsojo
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X