Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Barca Tim Paling Bersih

By Caesar Sardi - Jumat, 12 Juni 2015 | 15:53 WIB
Barca, tim pemuncak urusan fair play.
Bagu Blanco/Getty Images
Barca, tim pemuncak urusan fair play.

Total 11 jornada telah dilewati para kontestan Primera Division La Liga. Daftar pencetak gol terbanyak atau kiper kebobolan tersedikit pun sudah ketahuan. Untuk sementara, Lionel Messi, Kun Aguerro, Luis Fabiano, dan Giuseppe Rossi nangkring di tangga teratas el pichichi.

Sementara itu, Victor Valdes duduk di puncak klasemen el zamora sebagai kiper terbaik, disusul Tono Martinez dan Iker Casillas. Kendati begitu, masih ada beberapa kriteria yang kerap tertinggal dalam pantauan. Salah satunya kategori tim yang paling menjunjung fair play.

Untuk mencari tim pemuncak dalam urusan fair play, yang menjadi acuan adalah jumlah kartu kuning paling sedikit. Barcelona adalah yang terdepan. Pasalnya, dalam 11 pekan, Carles Puyol dkk. baru mendapat total 17 poin sesuai jumlah tarjeta amarilla alias kartu kuning mereka.

Catatan Los Azulgranas tergolong apik mengingat tim kedua di sektor ini, Deportivo La Coruna, sudah mengoleksi 20 poin. Bahkan jika kita mundur ke akhir musim kompetisi 06/07 lalu, Barca juga berada di posisi kedua (85), di bawah Recreativo Huelva (66).

Real Madrid meraih 126 (musim ini sudah 27), Sevilla 107 (25), Valencia 109 (36), dan Villarreal 100 (21). Artinya apa? Untuk ukuran tim papan atas, anak-anak asuh Frank Rijkaard ini terbilang cukup “santun” karena jarang berurusan dengan sang pengadil.

(Penulis: Sapto Haryo Rajasa)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Selasa 13 November 2007, BOLA Edisi No. 1.774


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X