Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mantan Petinggi FIFA ini Sarankan Swiss Terlibat

By Suryo Wahono - Jumat, 29 Mei 2015 | 21:11 WIB
Mark Pieth, usulkan pemerintah Swiss terlibat mengatur FIFA.
Getty Images/Ilustrasi
Mark Pieth, usulkan pemerintah Swiss terlibat mengatur FIFA.

Salah seorang mantan tokoh yang dianggap pembaharu FIFA mengatakan kepada radio Swiss hari Jumat (29/5) bahwa badan dunia itu seharusnya diatur oleh pemerintah Swiss. Pernyataan tersebut terkait dengan tertangkapnya sejumlah petinggi senior yang digerebek di Zurich.

Mark Pieth, seorang profesor Swiss dan mantan kepala komite pemerintahan independen FIFA, merekomendasikan adanya perubahan posisi tubuh federasi sepak bola sedunia tersebut terhadap pemerintahan.

"Jika melihat kondisi-kondisi yang sedang kita hadapi di FIFA, maka tak ada banyak pilihan selain melibatkan pemerintah," kata Pieth dalam sebuah wawancara dengan radio Swiss DRS.

FIFA selalu melibatkan jumlah uang yang sangat banyak di sejumlah kegiatannya, tetapi sebagian besar tidak diatur oleh badan pemerintah Swiss manapun. Sebagai asosiasi nirlaba, salah satu dari 60 badan olah raga dunia yang berbasis di Swiss termasuk FIFA dan Komite Olimpiade Internasional (IOC), pajak yang mereka bayar jauh lebih rendah dari perusahaan swasta.

Para anggota parlemen Swiss selama ini ragu untuk memperketat pengawasan pada organisasi seperti FIFA, yang menciptakan ratusan lapangan kerja dan meningkatkan pariwisata dengan acara seperti Ballon d'Or dan lain-lain.

Pieth tak bisa merinci bagaimana pemantauan sehari-hari untuk organisasi macam itu, tetapi pemerintah Swiss seharus membuat persyaratan minimum transparansi untuk organisasi sebesar FIFA.

Namun, nila aturan main akan diubah, seorang juru bicara pemerintah Swiss mengatakan bahwa itu akan membutuhkan perubahan dalam sistem hukum Swiss.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : Reuters


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X