Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Regulasi Ban bikin Rossi Kesulitan di Kualifikasi

By Tulus Muliawan - Kamis, 18 Juni 2015 | 16:00 WIB
Valentino Rossi, bermasalah dengan kondisi ban.
AFP
Valentino Rossi, bermasalah dengan kondisi ban.

Kelemahan Valentino Rossi di MotogGP musim ini hanya satu, hasil buruk di babak kualifikasi. Pebalap asal Italia itu beranggapan bahwa regulasi MotoGP 2015 menjadi salah satu faktor penyebab penampilan buruknya di babak kualifikasi.

Rossi memang sedang memuncaki klasemen MotoGP 2015. Namun, pebalap Movistar Yamaha itu tak pernah memulai balapan dari baris terdepan. Hasil terbaik Rossi hanya terjadi di GP Americas, saat ia meraih grid keempat saat kualifikasi.

The Doctor mengatakan bahwa ia bisa saja mendapat kemenangan lebih banyak musim ini jika sejak babak kualifikasi meraih hasil bagus. Namun, itu tak menjadi kenyataan karena regulasi ban.

Ducati dan Suzuki mendapat keuntungan menggunakan ban soft di babak kualifikasi. Keuntungan itu akan dicabut jika mereka meraih tiga kemenangan di balapan kering.

Kondisi itu jelas membuat pebalap Ducati, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone, mampu meraih hasil yang bagus di babak kualifikasi.

"Dengan aturan ini, mereka punya motor yang bisa tampil cepat untuk satu lap. Namun, setelah itu mereka lamban saat balapan," ucap Rossi kepada Autosport.

Rossi juga mengakui jika rekan setimnya, Jorge Lorenzo, bisa beradaptasi dengan aturan ban ini. Lorenzo bisa tampil buas saat lomba dengan memenangi empat balapan terakhir.

“Pada saat yang sama, Lorenzo punya motor dan ban yang sama dengan saya. Namun, ia mampu melakukan adaptasi dengan baik,” lanjut Rossi.

Rossi kini memimpin balapan MotoGP dengan 138 poin. Ia unggul satu poin dengan Lorenzo yang duduk di posisi kedua dengan nilai 137.


Editor : Gerry Putra
Sumber : Autosport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X