Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Kesetiaan Giggs pada United Semusim Lagi

By Caesar Sardi - Jumat, 29 Mei 2015 | 06:00 WIB
Ryan Giggs, lebih menikmati sepakbola.
Clive Mason/Getty Images
Ryan Giggs, lebih menikmati sepakbola.

Legenda hidup milik Manchester United bernama Ryan Giggs masih berniat memperpanjang pengabdiannya di Old Trafford. Hanya setahun, tapi masa ini bisa sangat berpengaruh pada prestasi Manchester United musim ini dan mendatang.

Statusnya sudah bisa disebut legenda hidup Setan Merah. Namun, pemain internasional Wales itu tidak menolak peninjauan ikatan tahun per tahun. “Itu sesuai dengan pembicaraan beberapa waktu lalu,” ucap Giggs di BBC. Kontrak baru ini menahan ayah dua anak ini dari keputusan gantung sepatu setidaknya hingga akhir 2009.

Masa mendekati masa pensiun bisa dikaitkan pada kebijakan tersebut. Giggsy sendiri mengisyaratkan usianya memang ada di titik tersebut. Namun, ada satu hal yang bisa membuat pemilik nama lengkap Ryan Joseph Giggs itu terus diikat United walau mesti terus menunggu setiap musim.

“Banyak hal berubah selama bertahun-tahun, tapi saya lebih menikmati sepakbola daripada sebelumnya. Semakin dekat ke akhir karier, kenikmatan itu yang dicari. Semoga saya bisa bermain untuk Man. United selama mungkin,” tutur suami Stacey Cooke itu sambil menuturkan rasa terima kasihnya pada pendukung dan Sir Alex Ferguson, mentor utamanya.

Keyakinan, atau bisa jadi harapan, Giggs masih lama di Old Trafford dikemukakan Ferguson. Puja-puji dilepaskan Fergie untuk bintangnya yang praktis tidak banyak disergap berita miring meski menjadi pujaan publik United itu.

Sikap Fantastis

“Ryan melambangkan kata kesetiaan. Ia bergabung saat berumur 14 tahun kala masih anak sekolah dan masih ada di klub ini hingga 20 tahun kemudian,” ujar Sir Alex Ferguson. Ya, banyak bintang lain lahir di atau datang ke United, tapi kemudian memilih tantangan lain, pergi dari United.

“Terlepas dari kemampuan bermainnya, ia memiliki sikap fantastis dan menjadi contoh bagus untuk pemain yang lebih muda,” sebut bos asal Skotlandia itu lagi.

Fergie memang pantas menyanjung pemain kelahiran Cardiff 33 tahun silam itu. Bisa diperdebatkan, tapi rasanya sulit menyangkal bahwa kesuksesan besar Sir Alex di United sangat terbantu eksistensi sayap cepat yang berprofil rendah hati bila di luar lapangan ini.

Bersama The Red Devils, Giggs total merasakan 18 trofi, termasuk sembilan titel Premier League dan dua Piala Liga, sama seperti yang dikoleksi Ferguson. Tambahkan juga satu Liga Champion pada 1999. Giggs hanya kalah satu Piala FA dibanding si bos.

“Semua orang tahu bahwa ia adalah pria sejati dan duta hebat untuk olahraga ini dan klub hebat ini. Ia dihormati melalui sepakbola, dengan apa yang dicapai dan bagaimana ia meraihnya,” kali ini Chief Executive David Gill ikut menyuarakan kegembiraan pihak klub. Keriaan itu bisa jadi karena negosiasi tidak alot.

Ikatan baru ini memungkinkan Giggsy menyamai rekor 759 penampilan milik Sir Bobby Charlton. Sampai sekarang, Giggs telah tampil 727 kali.

(Penulis: Christian Gunawan)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Jumat 19 Oktober 2007, BOLA Edisi No. 1.767


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X